Elektronika Dan Otomotif
Blog ini dibuat sebagai wahana silaturohmi, berbagi ilmu dan pengalaman tentang dunia elektronika dan otomotif.
Monday, July 23, 2018
Sunday, July 8, 2018
Friday, May 27, 2016
Rekondisi lampu hemat energi bagi pemula
Alhamdulillah saya diperkenankan rekan facebook yaitu bapak pitoyo untuk upload ilmu cara rekondisi / service lampu hemat energi. Artikel ini dibuat agar banyak ilmu yang sederhana bisa bermanfaat bagi pemula yang hobi atau bergelut dibidang elektronika.
1 . Membuat alat anti konslet.
Saat service lampu kita perlu membuat alat anti konslet. Bismillaah..Untuk PEMULA,ini adalah foto rangkaian anti konslet,anti konslet sangat diperlukan ketika kita sedang nyervis mesin2 elekronik,tujuanny agar ketika kita mengalami mesin yg konslet,meteran PLN ny tidak anjlog. Yang perlu diperhatikan fiting pertama untuk bohlam anti konslet usahakan menggunakan bolam 200wt. Fiting kedua untuk ngetes/nyervis mesin lampu yg masih ada drat dan kesingny.Selanjutny saklar,diusahakan menggunakan saklar yang memiliki indikator nyala jika ada arus listrik, sehingga kita tahu arus listrik dalam kondisi on/off. Selanjutny 2 jalur kabel yg masing ujung2ny dikasih japitan buaya,japit buaya ini fungsiny untuk japit kabel pada mesin lampu yang tidak ada dratnya. Selanjutny untuk tes alat anti konsletini apakah sudah berfungsi normal apa belum yaitu dengan mennghubungkan kedua japit buaya selama 1 detik saja, dan jangan lupa saklar pada posisi on, jika lampu anti konslet menyala berarti anda sudah berhasil merakitnya dan siap digunakan.
Untuk lebih jelas mari kita lihat foto dibawah ini :
2. Membuat alat cek kondisi mesin lampu apakah yang bermasalah mesin lampu atau yang rusak kaca lampu.
1 . Membuat alat anti konslet.
Saat service lampu kita perlu membuat alat anti konslet. Bismillaah..Untuk PEMULA,ini adalah foto rangkaian anti konslet,anti konslet sangat diperlukan ketika kita sedang nyervis mesin2 elekronik,tujuanny agar ketika kita mengalami mesin yg konslet,meteran PLN ny tidak anjlog. Yang perlu diperhatikan fiting pertama untuk bohlam anti konslet usahakan menggunakan bolam 200wt. Fiting kedua untuk ngetes/nyervis mesin lampu yg masih ada drat dan kesingny.Selanjutny saklar,diusahakan menggunakan saklar yang memiliki indikator nyala jika ada arus listrik, sehingga kita tahu arus listrik dalam kondisi on/off. Selanjutny 2 jalur kabel yg masing ujung2ny dikasih japitan buaya,japit buaya ini fungsiny untuk japit kabel pada mesin lampu yang tidak ada dratnya. Selanjutny untuk tes alat anti konsletini apakah sudah berfungsi normal apa belum yaitu dengan mennghubungkan kedua japit buaya selama 1 detik saja, dan jangan lupa saklar pada posisi on, jika lampu anti konslet menyala berarti anda sudah berhasil merakitnya dan siap digunakan.
Untuk lebih jelas mari kita lihat foto dibawah ini :
2. Membuat alat cek kondisi mesin lampu apakah yang bermasalah mesin lampu atau yang rusak kaca lampu.
Ini adalah alat cek mesin untuk mengetahui mesin dalam keadaan hidup atau mati,cara membuatnya yaitu kita siapkan kaca lampu yang masih normal, pada kaca lampu ada 4 kawat, yang pertama yaitu antara 2 kawat/filamen yg tengah dipasang capasitor milar dengan nilai 1n8, selanjutny kita buatkan kabel penghubung mengunakan capit buaya pada 2kawat/filamen yang berada di sisi kanan dan kiri. Cara penggunaannya yaitu kedua capit buaya tersebut kita japitkan pada pcb (jangan ditempatkan pada jalur stater). Selanjutny apabila mesin dites sudah hidup, namun ketika dipasang kaca lampu yg aslinya tidak menyala ,maka solusiny ganti milar STATER yg ada di pcb.
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat foto dibawah ini :
3. Cara ceck transistor
Bagi pemula saja,ini adalah TRANSISTOR (tr),tr mempunyai 3 kaki,kaki pertama BASIS,kaki kedua COLEKTOR,kaki ketiga EMITOR.untuk membedakan kaki tr yg basis,colektor dan emitor,cara cekny pake sekala x10,kaki pertama probe HITAM,kaki kedua probe MERAH jarum GERAK,kaki ketiga probe MERAH jarum GERAK.selanjutny untuk cek tr normal,probe MERAH dikaki tengah,kaki yg pinggir pinggir HITAM jarum GERAK.probe HITAM dikaki tengah,kaki yg pinggir pinggir probe MERAH jarum DIAM.
4. Membuat alat untuk membuka dan melilit kawat filamen
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah alat untuk melilitkan kawat yg berada dibawah kaca lampu/filamen,alat ini terbuat dari bekas SEPUYER ANGIN SEPEDA MOTOR yg berada dikarburator,lalu dimasukkan ke bekas BALPOINT,cara pemakaianya yaitu filamenny dijapit pakai pengesan yg berada disepuyer,lalu diputar perlahan2,lalu jempol kita ikut menekuk kawat tersebut agar tidak malang melintang. Walaupun alatnya sederhana tapi alat ini sangat membantu dalam melepas dan memasang kawat filamen. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat foto dibawah ini :
5. Dioda pada mesin lampu
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah DIODA,dalam foto ini dioda ada 3 macam,pertama DIODA IN4007,kedua DIODA SMD bentukny kotak hitam tertulis M7,ketiga DIODA SMD,bentukny kayak botol ada sedikit polet putih,dioada ini punya kutub + (polet puti),dan -.cara cekny pake sekala x10,probe MERAH ditaruh di +,dan probe HITAM ditaruh di -,jarum GERAK,selanjutny jika probe dibalik,jarum DIAM
6. Capasitor milar pada mesin
Bismillaah..untuk pemula aja,ini ada 3 macam milar,pertama MILAR STATER,untuk 5wt 1n8,untuk 8wt 2n2,untuk 14wt 272,untuk 18wt 2n7,dan untuk 23wt 3n9.kedua MILAR OUT PUT,difisik tertulis 473j,47nJ.ketiga MILAR COPEL,milar 2 kecil yg terletak dibelakang,di sekitar kanan dan kiri TR.adapun cara cekny pake sekala x10,probe MERAH dan probe HITAM dibolak balik,jarum DIAM,normal.
7. Membedakan resistor RB &RE
Bismillaah..untuk pemula aja,untuk membedakan Resistor yg terhubung dg kaki tr yg Basis(RB) dg Resistor yg terhubung dg kaki tr yg Emitor(RE),pertama,RB ketika di pcb selalu terhubung dg DB3,kedua,nilei RB lebih besar.Selanjutny untuk membedakan RB yg terhubung dg kaki tr yg 1ny lagi,kita bisa menyamakan warna gelang pada RB pada kaki tr yg pertama.
8. Fuse / sikring
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah R FUSE,r fuse dalam foto ini ada 2 macam,yg pertama bentukny biasa sama seperti r yg lainny,yg kedua r fuse yg dilapisi kaca.Adapun pada umumny r fuse pada mesin2 lampu kebanyakan pake 10 ohm.sedangkan cara cekny pake sekala x10,probe MERAH dan probe HITAM DIBOLAK BALIK JARUM GERAK,normal
9. Induktor Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah INDUKTOR,cara cekny pake sekala x10,probe MERAH dan probe HITAM dibolak balik,JARUM GERAK,normal..
10. Elco
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah elco,elco ini punya kutub + dan -,tanda - terlihat jelas dibodi elco dg posisi berdiri,dan pemasanganny pun ga boleh terbalik.Adapun cara cekny pake sekala K uF,probe MERAH taruh di +,dan probe HITAM taruh di -,jarum mantul ke kanan kembali perlahan,normal.Selanjutny untuk ukuran elco yg semuany 400v,pertama 5wt 1 uf,kedua 8wt 1.8 uf,ketiga 11wt 2.8 uf,keempat 14wt 3.3 uf,kelima 18wt 4.7 uf,keenam 23wt 5.6 uf dan ketujuh 40wt 22 uf
11. Travo
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah TRAVO,untuk cekny,siapkan mesin hidup,lalu ambil travony,lalu bekas lubang travony dikasih jalur kabel 2 dg panjang 40cm pake kabel telepon,ketika mau buat tes travo di pcb lain tinggal disentuhkan ja tanpa dilepas dari pcb,yg dikasih jalur cukup 2 ja,yg langsung terhubung dg gulungan yg ada dikaki travo.
12. Resistor pematik
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah R PEMATIK,gelang yg ke 3 warna kuning,sedangkan r smd ny /r tempelny 224=220k,334=330k,474=470k,514=510k,564=560k dan 684=680k.adapun cara cekny,siapkan mesin hidup,lalu ambil r pematikny,lalu bekas lubangny dikasih jalur kabel 40cm,ketika mau buat tes ke r pematik yg di pcb lain ga perlu dilepas,cukup disentuhkan ja.Nb.pake kabel telepon untuk buat jalur..
13. Membuat alat pembuka casing
Bismillaah..Bagi master2 yg masih pemula,mari kita belajar bareng2,ini adalah alat untuk buka tu2p kesing lampu agar yaman dan tidak mengalami kerusakan,alat ini berupa bekas sekrap yg buat plamir tembok ketika mau di cet,alat ini dimodifikasi ditukang tralis sesuai selera,cara penggunaany,tangan kiri buat pegang kesing,lalu jempol tangan kiri ditaruh di atas tu2p kesing sambil tu2pny ditekan ke atas,selanjutny tangan kanan untuk memegang alatny dg cara di congkel perlahan2 dg cara memutar.(kalau ga dapatkan yg bekas,beli ja ditoko material yg gagangny tebal dan empuk)
14. Alat drp drat sederhana
Bismillaah..Untuk tuser pemula,mari kita belajar bareng2 bagaimana membuat alat untuk ngedrip drat dg alat sederhana,tapi berkualitas pabrikan.Alat ini bisa anda buat dg pipa besi bekas,yg banyak kita jumpai dibengkel2 tralis,kemudian dibor disisi luar atas pinggir,lalu dikasih semacam baud.Cara pemakaianny,taruh dulu lampuny,lalu kita ulir ke dalam,lalu kita lepas,lalu lampuny digeser sesuai jarak drat yg akan kita drip,begitu seterusny sesuai kebutuhan kita,mau ngedrip berapa tititk.
15. Membuat lem kaca lampu
Bismillaah.. Setelah melakukan berbagai macam uji lem untuk mengelem kaca lampu,kali ini insya allah istiqomah dg bahan2 berikut.pertama LEM KAYU FOX hrga 1 plastik 7.500,kedua KOMPON (bentukny putih kayak semen putih)harga 1kg 5000,kedua bahan tersebut beli ditoko material.adapun cara pemakaianny dg takaran 1 banding 1,lalu diaduk pake gagang sendok TANPA AIR,lalu dioles2kan pake gagang sendok ke ujung kaca lampu,lalu di sisain 1 ujung lampu jangan dilem untuk fentilasi udara,lalu ditaruh diatas papan sambil diluruskan dg cara disentuh2kan ke pinggir papan,tapi proses pengeringan memakan waktu 24 jam.
Bagi pemula saja,ini adalah TRANSISTOR (tr),tr mempunyai 3 kaki,kaki pertama BASIS,kaki kedua COLEKTOR,kaki ketiga EMITOR.untuk membedakan kaki tr yg basis,colektor dan emitor,cara cekny pake sekala x10,kaki pertama probe HITAM,kaki kedua probe MERAH jarum GERAK,kaki ketiga probe MERAH jarum GERAK.selanjutny untuk cek tr normal,probe MERAH dikaki tengah,kaki yg pinggir pinggir HITAM jarum GERAK.probe HITAM dikaki tengah,kaki yg pinggir pinggir probe MERAH jarum DIAM.
4. Membuat alat untuk membuka dan melilit kawat filamen
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah alat untuk melilitkan kawat yg berada dibawah kaca lampu/filamen,alat ini terbuat dari bekas SEPUYER ANGIN SEPEDA MOTOR yg berada dikarburator,lalu dimasukkan ke bekas BALPOINT,cara pemakaianya yaitu filamenny dijapit pakai pengesan yg berada disepuyer,lalu diputar perlahan2,lalu jempol kita ikut menekuk kawat tersebut agar tidak malang melintang. Walaupun alatnya sederhana tapi alat ini sangat membantu dalam melepas dan memasang kawat filamen. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat foto dibawah ini :
5. Dioda pada mesin lampu
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah DIODA,dalam foto ini dioda ada 3 macam,pertama DIODA IN4007,kedua DIODA SMD bentukny kotak hitam tertulis M7,ketiga DIODA SMD,bentukny kayak botol ada sedikit polet putih,dioada ini punya kutub + (polet puti),dan -.cara cekny pake sekala x10,probe MERAH ditaruh di +,dan probe HITAM ditaruh di -,jarum GERAK,selanjutny jika probe dibalik,jarum DIAM
6. Capasitor milar pada mesin
Bismillaah..untuk pemula aja,ini ada 3 macam milar,pertama MILAR STATER,untuk 5wt 1n8,untuk 8wt 2n2,untuk 14wt 272,untuk 18wt 2n7,dan untuk 23wt 3n9.kedua MILAR OUT PUT,difisik tertulis 473j,47nJ.ketiga MILAR COPEL,milar 2 kecil yg terletak dibelakang,di sekitar kanan dan kiri TR.adapun cara cekny pake sekala x10,probe MERAH dan probe HITAM dibolak balik,jarum DIAM,normal.
7. Membedakan resistor RB &RE
Bismillaah..untuk pemula aja,untuk membedakan Resistor yg terhubung dg kaki tr yg Basis(RB) dg Resistor yg terhubung dg kaki tr yg Emitor(RE),pertama,RB ketika di pcb selalu terhubung dg DB3,kedua,nilei RB lebih besar.Selanjutny untuk membedakan RB yg terhubung dg kaki tr yg 1ny lagi,kita bisa menyamakan warna gelang pada RB pada kaki tr yg pertama.
8. Fuse / sikring
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah R FUSE,r fuse dalam foto ini ada 2 macam,yg pertama bentukny biasa sama seperti r yg lainny,yg kedua r fuse yg dilapisi kaca.Adapun pada umumny r fuse pada mesin2 lampu kebanyakan pake 10 ohm.sedangkan cara cekny pake sekala x10,probe MERAH dan probe HITAM DIBOLAK BALIK JARUM GERAK,normal
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah elco,elco ini punya kutub + dan -,tanda - terlihat jelas dibodi elco dg posisi berdiri,dan pemasanganny pun ga boleh terbalik.Adapun cara cekny pake sekala K uF,probe MERAH taruh di +,dan probe HITAM taruh di -,jarum mantul ke kanan kembali perlahan,normal.Selanjutny untuk ukuran elco yg semuany 400v,pertama 5wt 1 uf,kedua 8wt 1.8 uf,ketiga 11wt 2.8 uf,keempat 14wt 3.3 uf,kelima 18wt 4.7 uf,keenam 23wt 5.6 uf dan ketujuh 40wt 22 uf
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah TRAVO,untuk cekny,siapkan mesin hidup,lalu ambil travony,lalu bekas lubang travony dikasih jalur kabel 2 dg panjang 40cm pake kabel telepon,ketika mau buat tes travo di pcb lain tinggal disentuhkan ja tanpa dilepas dari pcb,yg dikasih jalur cukup 2 ja,yg langsung terhubung dg gulungan yg ada dikaki travo.
Bismillaah..untuk pemula aja,ini adalah R PEMATIK,gelang yg ke 3 warna kuning,sedangkan r smd ny /r tempelny 224=220k,334=330k,474=470k,514=510k,564=560k dan 684=680k.adapun cara cekny,siapkan mesin hidup,lalu ambil r pematikny,lalu bekas lubangny dikasih jalur kabel 40cm,ketika mau buat tes ke r pematik yg di pcb lain ga perlu dilepas,cukup disentuhkan ja.Nb.pake kabel telepon untuk buat jalur..
13. Membuat alat pembuka casing
Bismillaah..Bagi master2 yg masih pemula,mari kita belajar bareng2,ini adalah alat untuk buka tu2p kesing lampu agar yaman dan tidak mengalami kerusakan,alat ini berupa bekas sekrap yg buat plamir tembok ketika mau di cet,alat ini dimodifikasi ditukang tralis sesuai selera,cara penggunaany,tangan kiri buat pegang kesing,lalu jempol tangan kiri ditaruh di atas tu2p kesing sambil tu2pny ditekan ke atas,selanjutny tangan kanan untuk memegang alatny dg cara di congkel perlahan2 dg cara memutar.(kalau ga dapatkan yg bekas,beli ja ditoko material yg gagangny tebal dan empuk)
Bismillaah..Untuk tuser pemula,mari kita belajar bareng2 bagaimana membuat alat untuk ngedrip drat dg alat sederhana,tapi berkualitas pabrikan.Alat ini bisa anda buat dg pipa besi bekas,yg banyak kita jumpai dibengkel2 tralis,kemudian dibor disisi luar atas pinggir,lalu dikasih semacam baud.Cara pemakaianny,taruh dulu lampuny,lalu kita ulir ke dalam,lalu kita lepas,lalu lampuny digeser sesuai jarak drat yg akan kita drip,begitu seterusny sesuai kebutuhan kita,mau ngedrip berapa tititk.
15. Membuat lem kaca lampu
Bismillaah.. Setelah melakukan berbagai macam uji lem untuk mengelem kaca lampu,kali ini insya allah istiqomah dg bahan2 berikut.pertama LEM KAYU FOX hrga 1 plastik 7.500,kedua KOMPON (bentukny putih kayak semen putih)harga 1kg 5000,kedua bahan tersebut beli ditoko material.adapun cara pemakaianny dg takaran 1 banding 1,lalu diaduk pake gagang sendok TANPA AIR,lalu dioles2kan pake gagang sendok ke ujung kaca lampu,lalu di sisain 1 ujung lampu jangan dilem untuk fentilasi udara,lalu ditaruh diatas papan sambil diluruskan dg cara disentuh2kan ke pinggir papan,tapi proses pengeringan memakan waktu 24 jam.
Tuesday, May 24, 2016
skema cas aki / charger accu
Accu atau disebut aki adalah alat penyimpan energi listrik yang terdiri dari 2 elemen dan elektrolit sebagai penyimpan energi pada setiap 1 sel. Umumnya tiap sel akan mampu memberikan beda potensial tegangan sebesar 2volt dan memiliki kapasitas daya menurut luas penampang kedua elektroda. Aki yang umum dijual dipasaran memiliki 3 sel(6volt) dan 6 sel(12volt). Aki sangat diperlukan dalam berbagai perangkat elektronik dan otomotif serta memiliki peranan penting yang tidak bisa tergantikan. Aki sendiri bisa kita gambarkan sebagai tangki penyimpan energi listrik, jika energi listrik tersebut sudah habis maka harus diisi kembali agar dapat digunakan kembali. Pemakaian aki yang tidak benar akan berakibat buruk dalam usia pakai, pada pemakaian standart rata rata memiliki usia pakai 2~5 tahun. Keawetan aki sangat dipengaruhi oleh sistem pengisian serta pemakaian beban yang tidak sesuai. Sistem pengisian aki yang memberikan perlindungan tegangan lebih sangat diperlukan dimaksudkan agar tidak terjadi over voltase yang berakibat rusaknya sel aki tersebut. Pada sistem pengisian kendaraan biasanya sudah dilengkapi dengan regulator / kuprox yg telah diseting jika voltase dari spul terlalu tinggi maka secara otomatis tegangan yang menuju aki akan dikecilkan sehingga tidak terjadi over charger.
Jika kendaraan anda memiliki masalah pengisian maka aki akan tekor dan harus dicas menggunakan charger tersendiri. Beda halnya dengan penggunaan aki untuk penerangan daturat maka kita harus mempunyai alat yang bisa mencharger aki yang kita gunakan. Ada juga aki digunakan untuk menyimpan listrik yang bersumber dari sell surya bahkan kincir angin. Untuk skema banyak kita temukan di dunia maya ada yang Sangat sederhana sampai skema yang rumit, tiap rangkaian memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk skema yang sangat sederhana bisa kita lihat gambar dibawah ini :
Rangkaian ini sangatlah sederhana, cara kerjanya yaitu tegangan ac dari pln masuk ke travo step down, output travo 15v disearahkan menggunakan dioda bridge( direkomendasikan menggunakan dioda 25a untuk aki diatas 10ah). Setelah melalui dioda maka arus listrik ac akan berubah menjadi arus dc melewati amper meter untuk mengetahui arus pengisian yang menuju aki. Mungkin ada pertanyaan kenapa untuk mengisi aki 12v kok menggunakan tegangan 15v, jawabannya yaitu kita umpamakan sebuah balon jika tidak kita tiup dengan tekanan lebih tinggi dari udara luar maka balon tidak akan mengembang, namun jika kita berikan tekanan berlebih sampai batas tertentu maka balon akan meletus. Hal ini juga berlaku pada sistem pengisian aki yang memerlukan beda potensial agar energi listrik tersimpan dalam aki, tegangan aki akan naik perlahan sampai kira kira 13,8~14,8v Menandakan aki sudah penuh. Bila aki sudah penuh dan terus diisi maka aki akan cepat rusak bahkan aki bisa meledak jika sirkulasi udara dalam aki tersumbat. Untuk itu dirancanglah sebuah sistem pengisian aki yang apabila tegangan aki telah mencapai tegangan tertentu yaitu kisaran 13-14volt maka akan memutuskan arus pengisian sehingga tidak terjadi over charger. Sistem otomatis ini ada yang menggunakan ic, scr, transistor dan relay. Untuk rangkaian otomatis charger aki yang simpel mari kita lihat skema dibawah ini :
Cara kerja rangkaian ini yaitu arus dari trafo & dioda mengalir menuju r 30 ohm melewati dioda dan mentriger gate scr sehingga arus mengalir menuju aki. Trimpot 500 ohm berfungsi sebagai seting ambang tegangan cut off yang terlebih dahulu melewati dioda zener. Jika tegangan aki merangkak naik sampai tegangan yang diseting trimpot maka akan ada arus yang mengalir pada dioda zener dan akan mentriger scr 2. Saat scr 2 aktif maka tegangan pada gate scr1 akan rendah sehingga scr1 tidak mengalirkan arus pengisian atau disebut cut off charger. Untuk seting titik cut off charger kami sarankan menggunakan tester digital agar hasil pengukuran cut off lebih presisi.
Untuk komponen scr1 bisa kita gunakan 5p4m untuk charger aki kurang dari 50ah. Untuk scr2 gunakan bt169, bisa juga menggunakan 2p4m. Dioda zener menggunakan 6v2 dan dioda penyearah dari travo mengikuti arus dari travo itu sendiri. Untuk amper meter bisa kita pasang bisa juga ditiadakan karena digunakan sebagai pembaca arus yang mengalir. Resistor 30 ohm kami menyarankan menggunakan resistor minimal 1watt~2watt dan jangan heran kalau nanti resistor ini panas dan bisa dirubah nilainya menurut kekuatan scr2, jika scr2 menggunakan bt169,resistor 30 ohm yang dari dioda penyearah diganti 100 ohm. Rangkaian ini bisa juga kita modifikasi atau mengganti scr1 dengan relay untuk arus yang besar. Rangkaian charger aki diatas termasuk katagori auto cut yang simple, ada lagi skema auto cut off + pulse charger yang lebih baik dari segi maintenance/ keawetan aki. Untuk skema mari kita lihat skema dibawah ini :
Cara kerja rangkaian diatas yaitu vr,r8,dz& scr 1 sebagai seting cut off. Scr2 dan scr3 sebagai flipflop untuk diumpankan ke scr 4. Jadi cara kerja rangkaian diatas yaitu kondisi aki lemah maka flipflop scr2&3 akan menghasilkan denyutan yang akan dikuatkan oleh scr4. Arus yang mengalir menuju aki akan berada kondisi on off secara berulang ulang, keuntungan dari sistem ini yaitu dalam pengisian aki, suhu cell aki tidak panas karena pengisian didak kontinyu melainkan diberikan jeda proses elektrolis. Pada umumnya sistem cas aki non pulse akan membuat aki lebih cepat panas bahkan seperti mendidih yang membuat lifetime aki berkurang. Dengan sistem pengisian pulse akan memberikan perlindungan ketahanan dan memperpanjang usia aki. Rangkaian ini sudah ada yang memproduksi dan sekarang telah dikembangkan oleh platinum kit dengan penambahan display level indikator aki. Untuk gambar produk charger platinum kit mari kita lihat gambar :
Produk ini sudah teruji kualitasnya dan dijual dengan harga 100rb(1scr ), tinggal
tambahkan travo 3~10a voltase 18v sudah dapat digunakan untuk mengisi aki 5~50ah. Untuk aki diatas 50ah perlu ditambahkan scr 5p4m.
Jika membutuhkan kit charger dms100a bisa menghubungi kami fitri nur rahman sms/wa ;08888531540
Bisa juga order lewat tokopedia :
https://www.tokopedia.com/hanifaherbal/cas-aki-kit-charger-aki-5-150ah
Elcotomotif.blogspot.com kini memiliki produk terbaru yaitu kit charger automatic on & automatic cut off charger yang bisa otomatis mengisi aki saat tegangan aki dibawah 12v dan akan mutuskan arus pengisian jika aki sudah penuh untuk produk kit chargernya bisa kita lihat cara pemasangannya
Jika kendaraan anda memiliki masalah pengisian maka aki akan tekor dan harus dicas menggunakan charger tersendiri. Beda halnya dengan penggunaan aki untuk penerangan daturat maka kita harus mempunyai alat yang bisa mencharger aki yang kita gunakan. Ada juga aki digunakan untuk menyimpan listrik yang bersumber dari sell surya bahkan kincir angin. Untuk skema banyak kita temukan di dunia maya ada yang Sangat sederhana sampai skema yang rumit, tiap rangkaian memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk skema yang sangat sederhana bisa kita lihat gambar dibawah ini :
Rangkaian ini sangatlah sederhana, cara kerjanya yaitu tegangan ac dari pln masuk ke travo step down, output travo 15v disearahkan menggunakan dioda bridge( direkomendasikan menggunakan dioda 25a untuk aki diatas 10ah). Setelah melalui dioda maka arus listrik ac akan berubah menjadi arus dc melewati amper meter untuk mengetahui arus pengisian yang menuju aki. Mungkin ada pertanyaan kenapa untuk mengisi aki 12v kok menggunakan tegangan 15v, jawabannya yaitu kita umpamakan sebuah balon jika tidak kita tiup dengan tekanan lebih tinggi dari udara luar maka balon tidak akan mengembang, namun jika kita berikan tekanan berlebih sampai batas tertentu maka balon akan meletus. Hal ini juga berlaku pada sistem pengisian aki yang memerlukan beda potensial agar energi listrik tersimpan dalam aki, tegangan aki akan naik perlahan sampai kira kira 13,8~14,8v Menandakan aki sudah penuh. Bila aki sudah penuh dan terus diisi maka aki akan cepat rusak bahkan aki bisa meledak jika sirkulasi udara dalam aki tersumbat. Untuk itu dirancanglah sebuah sistem pengisian aki yang apabila tegangan aki telah mencapai tegangan tertentu yaitu kisaran 13-14volt maka akan memutuskan arus pengisian sehingga tidak terjadi over charger. Sistem otomatis ini ada yang menggunakan ic, scr, transistor dan relay. Untuk rangkaian otomatis charger aki yang simpel mari kita lihat skema dibawah ini :
Cara kerja rangkaian ini yaitu arus dari trafo & dioda mengalir menuju r 30 ohm melewati dioda dan mentriger gate scr sehingga arus mengalir menuju aki. Trimpot 500 ohm berfungsi sebagai seting ambang tegangan cut off yang terlebih dahulu melewati dioda zener. Jika tegangan aki merangkak naik sampai tegangan yang diseting trimpot maka akan ada arus yang mengalir pada dioda zener dan akan mentriger scr 2. Saat scr 2 aktif maka tegangan pada gate scr1 akan rendah sehingga scr1 tidak mengalirkan arus pengisian atau disebut cut off charger. Untuk seting titik cut off charger kami sarankan menggunakan tester digital agar hasil pengukuran cut off lebih presisi.
Untuk komponen scr1 bisa kita gunakan 5p4m untuk charger aki kurang dari 50ah. Untuk scr2 gunakan bt169, bisa juga menggunakan 2p4m. Dioda zener menggunakan 6v2 dan dioda penyearah dari travo mengikuti arus dari travo itu sendiri. Untuk amper meter bisa kita pasang bisa juga ditiadakan karena digunakan sebagai pembaca arus yang mengalir. Resistor 30 ohm kami menyarankan menggunakan resistor minimal 1watt~2watt dan jangan heran kalau nanti resistor ini panas dan bisa dirubah nilainya menurut kekuatan scr2, jika scr2 menggunakan bt169,resistor 30 ohm yang dari dioda penyearah diganti 100 ohm. Rangkaian ini bisa juga kita modifikasi atau mengganti scr1 dengan relay untuk arus yang besar. Rangkaian charger aki diatas termasuk katagori auto cut yang simple, ada lagi skema auto cut off + pulse charger yang lebih baik dari segi maintenance/ keawetan aki. Untuk skema mari kita lihat skema dibawah ini :
Cara kerja rangkaian diatas yaitu vr,r8,dz& scr 1 sebagai seting cut off. Scr2 dan scr3 sebagai flipflop untuk diumpankan ke scr 4. Jadi cara kerja rangkaian diatas yaitu kondisi aki lemah maka flipflop scr2&3 akan menghasilkan denyutan yang akan dikuatkan oleh scr4. Arus yang mengalir menuju aki akan berada kondisi on off secara berulang ulang, keuntungan dari sistem ini yaitu dalam pengisian aki, suhu cell aki tidak panas karena pengisian didak kontinyu melainkan diberikan jeda proses elektrolis. Pada umumnya sistem cas aki non pulse akan membuat aki lebih cepat panas bahkan seperti mendidih yang membuat lifetime aki berkurang. Dengan sistem pengisian pulse akan memberikan perlindungan ketahanan dan memperpanjang usia aki. Rangkaian ini sudah ada yang memproduksi dan sekarang telah dikembangkan oleh platinum kit dengan penambahan display level indikator aki. Untuk gambar produk charger platinum kit mari kita lihat gambar :
Produk ini sudah teruji kualitasnya dan dijual dengan harga 100rb(1scr ), tinggal
tambahkan travo 3~10a voltase 18v sudah dapat digunakan untuk mengisi aki 5~50ah. Untuk aki diatas 50ah perlu ditambahkan scr 5p4m.
Jika membutuhkan kit charger dms100a bisa menghubungi kami fitri nur rahman sms/wa ;08888531540
Bisa juga order lewat tokopedia :
https://www.tokopedia.com/hanifaherbal/cas-aki-kit-charger-aki-5-150ah
Elcotomotif.blogspot.com kini memiliki produk terbaru yaitu kit charger automatic on & automatic cut off charger yang bisa otomatis mengisi aki saat tegangan aki dibawah 12v dan akan mutuskan arus pengisian jika aki sudah penuh untuk produk kit chargernya bisa kita lihat cara pemasangannya
Thursday, May 12, 2016
skema inverter cd4047
1. PWM (pulse with modulator/ pembangkit sinyal) dalam hal ini banyak rangkaian yang bisa kita manfaatkan seperti menggunakan transistor sebagai pwm, ic cd4047, ic sg3524,ic sg3525 bahkan yang terbaru sudah ada modul SPWM(pwm sinus).
2. Final/penguat akhir juga berpengaruh terhadap daya output, biasanya untuk daya yang rendah menggunakan fet untuk finalnya dan untuk daya besar serta sinyal output mendekati sinus menggunakan transistor.
3.Trafo, banyak orang menganggap bahwa trafo stepdown yang ada dipasaran sudah cukup untuk digunakan inverter, dan pada kenyataannya inverter stepdown masih kurang efisien jika menggunakan trafo standart. Trafo stepdown 5 amper dengan fisik yang besar hanya mampu mengeluarkan daya 12v x 5amp= 60w(daya yang keluar dari trafo pada kenyataannya tidak sampai 40w karena memang bukan peruntukannya. Walaupun begitu trafo 5 amper 12v sudah cukup untuk menyalakan lampu led 1 rumah.
Apasih perbedaan yang mencolok pada trafo stepdown dan step up?
Perbedaannya yaitu pada trafo stepdown biasanya dirancang untuk berbagai tegangan misal 12v, 18v, 25v, 32v sehingga kawat yang digunakan lebih kecil agar lilitan muat dalam koker trafo. Sedangkan trafo step up dirancang khusus untuk tegangan inverter sehingga dalam ukuran trafo yang sama bisa mengeluarkan daya yang besar. Sebagai contoh trafo ups sebesar trafo 5amper bisa menghasilkan 300wat, tapi sayangnya trafo ups cepat panas dan tegangan primer rata rata 7v ct 7v dan trafo ups tidak cocok untuk inverter cd4047
Untuk skema yang menggunakan pengatur frekwensi menggunakan trimpot serta menggunakan transistor sebagai penguat akhir mari kita lihat dibawah ini Untuk rangkaian yang tanpa pengaturan frekuensi / frekuwensi sudah diset serta menggunakan final fet irfz44 bisa kita lihat gambar tata letak dibawah ini :
Alhamdulillah beberapa hari setelah posting ini diupload langsung ada yang mempraktekkannya. Terimakasih sodara danang tri putra yang meng upload hasil karya yang sukses merakit inverter ke grup FB SKEMA AUDIO & INVERTER. Inilah gambar scrensoot hasil karyanya.
Jika anda ingin memiliki inverter ingin mudah membuatnya bisa membeli kit jadi yaitu produk yang kami jual, pemakain kit ini mudah tinggal menambah trafo minimal 5amper murni sudah mampu menyalakan tv/kipas angin/ lampu 1rumah. Untuk pemesanan bisa order sms/wa 08888531540 atau bisa order via toko pedia di
https://www.tokopedia.com/hanifaherbal/inverter-kit-inverter-up-to-1000w https://www.tokopedia.com/hanifaherbal/inverter-kit-inverter-up-to-1000w">
bukalapak
https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/160oxf-jual-inverter-kit-kit-inverter-up-to-1000w
untuk vidio bisa di lihat di chanel youtube multitronik technology
https://youtu.be/pGkR0MN129s
Sunday, May 8, 2016
Subscribe to:
Posts (Atom)