Pages

Kamis, 26 Agustus 2010

LAMPU TL MENGGUNAKAN ACCU.

Posting kali ini saya akan membahas cara pembuatan lampu Tl menggunakan catu daya accu. Rangkaian  ini sering kita jumpai pada penerangan darurat,  penerangan pada kabin bus dan lainnya. Mungkin bagi hobies otomotif, rangkaian ini bisa kita aplikasi pada sepeda motor  atau mobil yang dipasang pada kolong kendaraan. Rangkaian ini sebenarnya sudah banyak beredar di toko-toko elektronika dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk menghemat biaya pembuatan kita bisa memenfaatkan komponen bekas radio AM jadul. Pembuatan rangkaian ini tidak akan bayak mengeluarkan banyak biaya, biasanya tidak akan mencapai Rp.10.000,-. Pada dasarnya rangkaian ini adalah rangkaian  inverter mini yang mengubah tegangan DC  9 v - 13 v menjadi tegangan AC 200 v-400 v.

Cara kerja rangkaian ini yaitu :
Tegangan DC dari accu atau batry melewati kumparan L1 menuju komponen R & C  kemudian memicu transistor D 313 sehingga arus listrik akan mengalir melewati L2, saat  transistor aktif maka tegangan  trigger dari R & C menjadi kecil, sehingga transistor off. Saat transistor off maka tegangan yang mengalir menuju basis akan kembali tinggi sehingga akan terjadi siklus yang berulang-ulang. Ketika arus listrik yang mengalir pada L1&L2  berubah-ubah  maka  akan menghasilkan induksi electromagnet yang menghasilkan GGL induksi pada L3. Karena perbandingan L2 dan L3 akan menghasilkan arus AC 200 volt - 400 volt yang akan menghidupkan lampu TL. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar berikut ini : 



















Gambar skema lampu TL menggunakan ACCU.

Dalam pembuatan rangkaian yang agak menyita waktu yaitu pembuatan transformator. Apabila susah membuatnya bisa kita pakai tranformator CT 0,5 Ampere. Walaupun dapat kita ganti menggunakan transformator CT, alangkah baiknya kita buat sendiri karena lebih hemat biaya dan bentuknya relatif  kecil.



Cara pembuatan transformator :
1. Inti tranformator : Batang ferit.
2. L1 & L2 : Kawat email diameter 0,8mm dengan jumlah lilitan 28 lilit. Cara melilit email yaitu dengan cara dua kawat email dijadikan satu kemudian dililit pada inti ferit, dua ujung yang pertama dijadikan satu  vcc> dan kedua ujung  lainnya menuju collector transistor dan menuju komponen R&C.
3. L3 :  Kawat email 0,1mm  dengan jumlah lilitan 500 lilit.






5 komentar:

to mengatakan...

kuat berapa lama kekuatan baterai kalo pake yang 6 volt/3A kalo pake ACCU MOTOR.Terus voltase keluaran berapa volt dan berapa watt..thanks

henry mengatakan...

apakah anda mempunyai skema rangkaian UPS atau pun skema panel solar sistem

elektronika dan otomotif mengatakan...

Terima kasih atas kunjunganNya...
Rangkaian ini dapat beroprasi dengan tegangan 9V-13V, jadi untuk accu 6V/3A belum mampu menghidupkan lampu neon, solusinya yaitu mengurangi jmlh kumparan primer dan menurunkan nilai R1...

elektronika dan otomotif mengatakan...

@ henry. saya mempunyai skemanya,,,namun saat ini blm bisa disharee...mkn artikel berikutnya akan sy ulas..

joebae mengatakan...

mas gmbarnya ko g ad?

Poskan Komentar