Thursday, May 12, 2016

skema inverter cd4047


Listrik dizaman sekarang adalah termasuk kebutuhan harian, hampir setiap waktu dirumah kita membutuhkan listrik untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik misalnya tv, radio, dvd,mesin cuci, dispenser,dan lain sebagainya. Listrik yang kita gunakan sehari hari rata rata di indonesia disuplay dari PLN. Listrik dari pln sendiri tidak menjamin 24 jam x setahun bisa teraliri terus menerus dikarenakan oleh berbagai faktor, ada faktor cuaca semisal hujan deras dengan petir, kondisi banjir, bisa juga aliran listrik sementara dipadamkan untuk pemasangan instalasi baru pln, bisa juga daerah tertentu mendapat jatah giliran pemadaman dikarenakan daya pln yang belum memumpuni. Saat listrik pln tidak mengalir kerumah kita pasti banyak yang mengeluh, disini saya akan memberikan skema dari berbagai sumber hasil googling dan skema dari grup hobi elektronika yaitu skema inverter sederhana menggunakan ic cd4047. Komponen ic cd4047,sudah familier di kalangan pecinta elektronik walaupun tidak semua toko sparepart elektronik menjualnya. Sinyal output inverter cd4047 belum pure sinus(gelombang sinus murni) melainkan gelombang modified sine. Output modified sine sudah mampu digunakan untuk menyalakan perangkat elektonik seperti kipas angin, lampu hemat energi, lampu led, televisi, charger hp,dll. Kunci keberhasilan suatu inverter dipengaruhi beberapa hal yaitu:
1. PWM (pulse with modulator/ pembangkit sinyal)  dalam hal ini banyak rangkaian yang bisa kita manfaatkan seperti menggunakan transistor sebagai pwm, ic cd4047, ic sg3524,ic sg3525 bahkan yang terbaru sudah ada modul SPWM(pwm sinus).
2. Final/penguat akhir juga berpengaruh terhadap daya output, biasanya untuk daya yang rendah menggunakan fet untuk finalnya dan untuk daya besar serta sinyal output mendekati sinus menggunakan transistor.
3.Trafo, banyak orang menganggap bahwa trafo stepdown yang ada dipasaran sudah cukup untuk digunakan inverter, dan pada kenyataannya inverter stepdown masih kurang efisien jika menggunakan trafo standart. Trafo stepdown 5 amper dengan fisik yang besar hanya mampu mengeluarkan daya 12v x 5amp= 60w(daya yang keluar dari trafo pada kenyataannya tidak sampai 40w karena memang bukan peruntukannya. Walaupun begitu trafo 5 amper 12v sudah cukup untuk menyalakan  lampu led 1 rumah.
Apasih perbedaan yang mencolok pada trafo stepdown dan step up?
Perbedaannya yaitu pada trafo stepdown biasanya dirancang untuk berbagai tegangan misal 12v, 18v, 25v, 32v sehingga kawat yang digunakan lebih kecil agar lilitan muat dalam koker trafo. Sedangkan trafo step up dirancang khusus untuk tegangan inverter sehingga dalam ukuran trafo yang sama bisa mengeluarkan daya yang besar. Sebagai contoh trafo ups sebesar trafo 5amper bisa menghasilkan 300wat, tapi sayangnya trafo ups cepat panas dan tegangan primer rata rata 7v ct 7v dan trafo ups tidak cocok untuk inverter cd4047



 Untuk skema yang menggunakan pengatur frekwensi menggunakan trimpot serta menggunakan transistor sebagai penguat akhir mari kita lihat dibawah ini Untuk rangkaian yang tanpa pengaturan frekuensi / frekuwensi sudah diset serta menggunakan final fet irfz44 bisa kita lihat gambar tata letak dibawah ini :
 
Alhamdulillah beberapa hari setelah posting ini diupload langsung ada yang mempraktekkannya. Terimakasih sodara danang tri putra yang meng upload hasil karya yang sukses merakit inverter ke grup FB SKEMA AUDIO & INVERTER. Inilah gambar scrensoot hasil karyanya.


Jika anda ingin memiliki inverter ingin mudah membuatnya bisa membeli kit jadi yaitu produk yang kami jual, pemakain kit ini mudah tinggal menambah trafo minimal 5amper murni sudah mampu menyalakan tv/kipas angin/ lampu 1rumah. Untuk pemesanan bisa order sms/wa 08888531540 atau bisa order via toko pedia di
https://www.tokopedia.com/hanifaherbal/inverter-kit-inverter-up-to-1000w https://www.tokopedia.com/hanifaherbal/inverter-kit-inverter-up-to-1000w">

bukalapak
https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/160oxf-jual-inverter-kit-kit-inverter-up-to-1000w



untuk vidio bisa di lihat di chanel youtube multitronik technology
https://youtu.be/pGkR0MN129s

6 comments:

  1. Maaf gan, saya boleh Minta gambar nya gan biar tinggal cetak di PCB.kirim ke email saja kalau iklas berbagi gan. "Dididishub@gmail.com"

    ReplyDelete
  2. Mas mintak keterangan gambar skema inventer di pcb

    ReplyDelete
  3. Maaf gan... untuk FAULT dan PWR itu apa yah. Mohon penceeahanya. Mau nyoba nih.hehee. mksh

    ReplyDelete
  4. Saya test dengan osiloscope bentuk gelombangnya square wave bukan modified sine

    ReplyDelete
  5. Saya sudah mencoba rangkaian yang ke 2 dan berhasil output dari trafo sangat setabil di arus 220 tanpa beban
    Terimakasih sudah berbagi ilmu
    SALAM SODER PANAS

    ReplyDelete