Saturday, October 16, 2010

HEATER SHORT DENGAN GROUND(MODIFIKASI)

Sudah banyak artikel yang mengulas tips untuk mengatasi filament heater short dengan ground(G1). Caranya yaitu membuat Rangkian Heater Inject  dan memisahkan  jalur supply heater terhadap ground serta menberikan supply tersendiri  untuk heater dengan memanfaatkan dari induksi magnetic inti FBT. Cara untuk menghasilkan tegangan supply heater yaitu melilitkan  beberapa gulung kawat email pada inti FBT(ferit). Untuk menghasilkan tegangan 6V, jumlah gulungan email pada ferit FBT biasanya 2-4 lilit, pada lilitan ini akan menghasilkan tegangan AC berfrekwensi tinggi, kemudian kita gunakan dioda 1N4007 dan elco 1000mf /16v untuk meratakannya. Pastikan tegangan keluaran yang terukur 6V, apabila tegangan kurang dari 6V maka tambah jumlah gulungan, apabila tegangan lebih 6V maka kurangi jumlah gulungan email.
Catatan : Bahwa rangkaian ini tidak boleh terhubung dengan jalur ground pada PCB, untuk itu kita harus memisahkan kaki socket heater pada PCB rangkaian block RGB.


 Gambar Rangkaian heater inject.

 Rangkaian ini sudah saya  uji coba dan berhasil.

Sebelum lebaran Idul fitri kemarin, saya mendapatkan servisan TV dengan kerusakan heater tidak menyala karena kaki heater short dengan ground. saya berfikir menggunakan logika kalau salah satu kaki heater(H1) terhubung dengan jalur ground pada PCB dan yang satunya lagi terhubung dengan suply heater(H2) apabila filament heater tidak menyala karena kaki heater yang terhubung dengan suply tegangan (short dengan ground) berarti kaki filament (H2) didalam tabung korslet dengan G1(ground). Kedua kaki filament heater didalam CRT seharusnya tidak terhubung dengan kaki bagian yang lain. Karena yang short adalah kaki H2 sedangkan H1 tidak short, melainkan terhubung dijalur PCB maka kita bisa mengakali agar filamen dapat menyala yaitu dengan menukar posisi jalur heater pada PCB dengan teknik jumper menggunakan kabel. Setelah itu saya langsung mencoba ide saya dan alhamdulillah berhasil dengan suxes.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini :
















Foto 1. Modifikasi Jalur Heater

















Foto 2. Modifikasi jalur heater.

Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan tinggalkan pesan.. 

8 comments:

  1. Salam kenal, Mantap Artikelnya Gan, boleh yah saya Posting linknya di blog saya di http://karyaservice.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. slm kenal gan
    artikelnya cespleng izin mengamalkan ea gan

    ReplyDelete
  3. Sy cuba dl .. Tk berapa pandai lagi utk yakin..mahu berguru lagi

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas pengalamannya..bermanfaatbsekali

    ReplyDelete