Thursday, July 29, 2010

RANGKAIAN PENGEJUT IKAN/STROM IKAN

Blog ini saya buat sebagai sarana berbagi ilmu, terutama ilmu elektronika yang saya dapatkan dari bangku sekolah, pengalaman dari teman-teman dan pengalaman pribadi. Sekiranya dalam blog ini terdapat kesalahan yang tidak disengaja mohon dimaklumi dan sudilah memberikan kritik dan saran. Blog yang pertama ini akan mengulas mengenai rangkaian pengejut ikan, dan semoga artikel ini tidak dipergunakan untuk merusak ekosistem alam melainkan sebagai penambah wawasan. Penulis berlepas diri apabila artikel ini untuk ilegal fishing. Saya tegaskan kembali bahwa alat ini mempunyai bahaya yang besar dikarenakan adanya arus dan tegangan tinggi. Sudah banyak korban berjatuhan karena terkena sengatan listrik dari alat ini. Alat ini sebenarnya dapat dimodifikasi sebagai inverter karena prinsipnya untuk menaikkan tegangan listrik. Alat pengejut ikan ini sangatlah simpel, namun dalam pembuatannya perlu ketelitian karena berhubungan dengan listrik tegangan tinggi. Alat ini pada dasarnya mengguanakan prinsip transformator/trafo/coil, yaitu mengkonversi tegangan rendah menjadi tegangan tinggi.

Sebelum itu mari kita mempelajari apa yang disebut trafo/transformator.
Transformator adalah alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan dan arus listrik, terdiri dari kumparan primer,  kumparan sekunder dan inti trafo. Prinsip kerjany berdasarkan induksi elektromagnetik, yaitu ketika kumparan primer dihubungkan dengan arus bolak-bailik(AC), perubahan arus listrik  pada kumparan primer menimbulkan medan magnet yang berubah-ubah. Medan magnet yang berubah-ubah diantara inti besi dan ditransmisikan ke-kumparan sekunder, sehingga pad kumparan sekunder akan timbul ggl induksi. Efek ini dinamakan induktansi timbal-balik. 
Hubungan antara tegangan primer, jumlah lilitan primer, tegangan sekunder, dan jumlah lilitan sekunder, dapat dinyatakan dalam persamaan :



Menurut hasil perbandingan antara jumlah lilitan primer dan jumlah lilitan sekunder dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
 1. Transformator step up yaitu transformator yang mengubah tegangan bolak-balik rendah menjadi tinggi, transformator ini mempunyai jumlah lilitan kumparan primer lebih sedikit dari kumparan sekunder(Ns>Np).
2. Transformator step down yaitu transformator yang mengubah tegangan bolak-balik tinggi menjadi rendah, transformator ini mempunyai jumlah lilitan kumparan primer lebih banyak dari kumparan sekunder(Np>Ns).

penggunaan trafo tidak dapat digunakan pada arus DC melainkan menggunakan arus AC, walaupun begitu ada cara agar arus DC dapat bekerja pada trafo yaitu dengancara memberikan arus DC yang terputus-putus, atau memberikan polaritas yang berbolak-balik pada kumparan primer, perubahan arus yang terputus putus inilah yang mampu mengubah fluks elektromagnetik yang selanjutnya menghasilkan ggl induksi pada kumparan sekunder. Pada alat ini yang berperan sebagai alat pemutus arus listrik adalah kontak platina yang didesain agar dapat membuka dan menutup secara otomatis oleh induksi elektromagnet pada trafo. Kita juga dapat menggunakan rangkaian elektronik sebagai penghasil arus putus-putus.

Setelah mengetahui tentang transformator maka kita lebih mudah memahami cara kerja rangkaian berikut ini. Saat saklar push on diaktifkan maka arus listrik accu akan mengalir menuju kontak platina dan mengalir menuju kumparan primer, didalam kumparan primer menghasilkan medan magnetik pada inti besi lunak yang mengakibatkan tertariknya kontak platina, saat kontak platina tertarik maka secara otomatis arus pada kumparan primer terputus, saat itu juga kontak platina kembali pada posisi semula dan akan arus listrik lagi, siklus membuka dan menutup pada kontak platina akan terus menerus terjadi sehingga pada kumparan primer mengalir arus yang putus-putus yang menghasilkan frekuensi tertentu, sehingga akan menghasilkan ggl induksi pada kumparan sekunder, nah dari kumparan sekunder inilah akan menghasilkan tegangan tinggi yang dapat digunakan sebagai pengejut ikan. Dalam prakteknya saat siklus buka-tutup kontak platina akan menghasilkan percikan bunga api yang mengakibatkan cepat tebakarnya kontak platina dan menurunnya daya output trafo/coil ini, oleh sebab itu haruslah kita pasang capasitor/condensor sebagai peredam percikan api serta mampu menyimpan dan melipat gandakan tegangan listrik.

Gambar skema rangkaian pengejut ikan :



Gambar skema revisi rangkaian pengejut ikan :



Keterangan gambar :
1. Accu, 12 volt(accu sepeda motor).
2. Sk : saklar push buttom.
3. Kontak platina.
4. C : Condenser(capasitor pada sepeda motor).
5. Tangkai kontak platina(dari potongan gergaji besi).
6. L1 : Coil/kumparan primer.
7. L2 : Coil/kumparan sekunder.
8. Inti coil(besi lunak/kepingan seng yang dirakit menjadi satu).
9. U1 : Batang tembaga sebagai ujung pengejut.
10. U2 :Jaring ikan(sebagai penangkap ikan).

Dalam pembuatan coil harus hati-hati, karena faktor kerapian pada penggulungan kumparan akan mempengaruhi daya output alat ini. Cara pembuatan coil ini sebagai berikut :
-Pertama siapkan inti besi lunak, setelah itu kuta bungkus/dilapisi prespan(plastik mika), kalau tidak ada maka bisa kita gunakan dengan kertas pembungkus semen.
-Kedua : Kita mulai dengan menggulung kawat email secara rapi tanpa celah, setelah ujung besi kita lapisi dengan prespan, kemudian mulai menggulung kembali kawat email pada bagian atasnya(gulungan lapis ke-2), saat sampai keujung besi kita ulangi melapisi prespan, proses ini sampai kawat email pada lapisan ke-3, dua ujung kawat tersebut akan menjadi terminal kumparan primer.
-Ketiga kita mulai lagi menggulung kumparan seperti kumparan primer, jumlah lapisan kawat email bisa kita buat sebanyak 5-6 lapis, kedua ujung kumparan akan menjadi terminal coil sekunder.
Ukuran diameter kumpara ini akan mempengaruhi arus output, biasanya pada kumpara primer menggunakan email berdiameter 0,6mm dan email sekunder berdiameter 0,9mm. Untuk mengubah daya keluaran kita dapat mengubah dengan cara mengubah perbandingan jumlah kumparan primer dan sekunder serta diameter kawat email.

Semoga artikel ini bermanfaat.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat alatnya secara langsung pada tukang setrum ikan....


178 comments:

  1. MAKASIH Kang telah mau berbagi ilmu, karna jujur sy belum bisa membuat alat strom ikan iseng2 ketik eeh muncul punya sampean, kalo ngak keberatan gambarnya tolong diperjelas lagi kang biar sy lebih mudah untuk membuatnya, soalnya blakang rumah sy kali banyak ikan betiknya dan wader. heheheheheheheh, met pagi kang sebelumnya. salam kenal duluni dari Pekalongan jawa tengah, yg punya blog DIAN ELECTRONIC BATANG silhkan mampir, makasih.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah berkunjung di-blog saya. Sebelumnya minta maaf krna gambarnya kurang jelas, insya allah akan saya buatkan gambar yang lebih jelas.

    ReplyDelete
  3. Monggo kang dilihat revisi skema rangkaian pengejut ikan.kalau masih kurang jelas lihat alat setrum ikan secara langsung, pasti lebih mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  4. terima kasih ya Mas, saya jadi mengerti metode kerja dari alat itu, sehingga saya tau kekurangan saya saat saya merakit alat ini kemarin.
    salam kenal

    ReplyDelete
  5. kalau saya merakit trafonya biasa pakai coil pengapian bekas mobil bensin,,nggak ribet gulungnya...satu hal lagi kalau bisa ini jangan disalah gunakan untuk merusak lingkungan..

    ReplyDelete
  6. mas rynmela. Kalau menggunakan coil bekas mobil kemungkinan tidak bisa, karena trafo pada rangkaian ini menghasilkan tegangan 200V-400V dengan arus yang besar, jadi untuk membuat pingsan ikan harus menggunakan arus dan tegangan tinggi, sedangkan pada coil mobil menghasilkan tegangan 20KV namun arus yang mengalir sangat kecil, Saya pernah mencoba dan hasilnya sangat jauh dari harapan. Kalau mau pesen aja di-bengkel service dinamo, biasanya banyak yang bisa membuatnya...

    ReplyDelete
  7. maaf...tapi dari pengalaman saya biasanya lilitan dari coil mobil yg saya rakit percikan api lebih hijau...saya gunakan batre bekas dari sepeda motor..dg condesator tapisan 4biji..coil yg saya pakai bekas mobil kijang lama..dan bukannkah arus tinngi dan tegangan tinng sam2 mematikan??mohon koreksi bos

    ReplyDelete
  8. mas ryanmela, mungkin dulu saya tidak berhasil membuatnya kemungkinan karena menggunakan piranti elektronika (pwm) sehingga arus yang mengalir masih terlalu kecil, terima kasih atas masukanNya.

    ReplyDelete
  9. tapi gmanapun saya salut dengan sampean...mau berbagi ilmu,, bagi pembaca moga2 postingannya nggak disalah gunakan buat merusak lingkingan ,,

    ReplyDelete
  10. coil mobil bener percikanya lebih hijau tapi saat dimasukan ke air arus ngak mau mengalir keluar. jadi ngak ngefek keikan kalau mau setrum ikan yang kuat bisa dengan memper besar diameter kawat email.

    ReplyDelete
  11. tanya bosss...........
    kl boleh th brp jumlah lilitan Primer dan Sekundernya ?

    ReplyDelete
  12. benar tu.
    kalo pake koil mobil,maski nyalanya hijau. tidak membuktikan pemakaian dalam air bisa ok.
    kalo aku sih kasih saran pake kondensor lebih dari 20 buah.hasilnya aki irit dan setrum besar.
    ni terbukti udah 8 tahun aku pake buat cari ikan di sungai brantas kota blitar.
    ikan lele dumbo, ikan nila/mujair tg katanya sulit di setrum pake strom rakitan ku,langsung lemas meski kedalaman air sepinggang orang dewasa.
    bahan2nya:
    1 kg kawat email / enamel
    1 platina (untuk hasil lebih bagus platina L300)
    1 keren / inti trafo
    4 kondensor (untuk lebih bagus pake lebih dari 20 kondensor (kondensor motor CB))

    untuk lebih bagus gunakan bahan2 yg baru
    total biaya 400 ribuan untuk mesin nya saja.
    rakitan ini dipake untuk yg sudah profesional saja , untuk yg amatir jangan coba coba. TEGANGAN TINGGI
    order : jian.rika@yahoo.co.id

    terbukti 8 tahun disungai brantas, kota blitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kawat emailnya ukuran berapa mas
      primer ? jmlh lilitan/sap ?
      sekunder ? jmlh lilita/sap ?
      luas penampang inti besi atau flat spul ?
      maaf kebayakan nanya

      Delete
    2. Ukuran kawat email primer dan sekunder punya agan berapa mm?

      Delete
  13. Saya make ukuran kawat 1,1mm 2ons + 0.0,7 3,5ons.Panjang kern yg dililit 8cm,panjang kern total 12cm. Lilitan 1,1mm 5tingkat sedang 0,7mm 9tingkat. Kondensor 15biji. Aki 12v 10A.Rangkaian seperti skema diatas.Kalo Diukur pake volt meter ac koq cuma keluar 20v ya, Apa kualitas kawat jg pengaruh?. Soalny kawatnya make yg kuning . Sbnrny pengen jerman tp g ada.

    ReplyDelete
  14. tanya gan,,
    gimana cara buat strom yg airnya dalam??? soalnya saya pernah liat orang nyetrom pada kedalaman leher orang dewasa, tapi orangnya gk kestrom...

    ReplyDelete
  15. @. indra
    setauku kwalitas kawat berpengaruh, tapi sedikit pengaruhnya.
    kerapatan lilitan & penempatan platina juga berpengaruh. coba + 1 aki lagi jadi 24 volt


    @ matrial
    caranya sama asal tidak ada bahan yg terbuat dari kertas aja,kan kalo dari kertas bisa ancur, + keren / inti trafo di lumasi oli aja sebelum mesin strom ikut masuk kedalam air, agar tidak mudah berkarat, kalo berkarat induksinya bisa berkurang trus setrom jadi letoy.
    dan saklarnya terbungkus dari karet ban aja sudah aman buat nyetrum ikan sampai kedalaman leher meskipun mesin ikut masuk air.

    ReplyDelete
  16. @ALL
    semua sudah dijelaskan oleh kang jian & kang indra...
    @kang jian
    smoga aj banyak yang pesan alatnya.

    ReplyDelete
  17. Tanya gan
    Kl seandainya Platinaya diganti CDI gimana, soalnya tiap mau make harung ngilangin kerak di platinaya dulu... kl gak setrumnya kurang yahud

    ReplyDelete
  18. @ardian
    kalau pake cdi kemugkinannya g bs,output cdi tegangan +_ 300volt, harus pakai input picup utk cdi bs bkerja.
    kl outputnya aj 300v klpake spul ini psti g bs.trus cdi hny menyedot arus yg kecil,,,kl strum ikan butuh arus & tegangan yg bsr.

    ReplyDelete
  19. bos mo tanya, kemarin akun buat setrum ikan sesuai gambar. kawat yang akku pakai diameter 1mm 6 ons. panjang kern 10cm tebal 3x3cm, lilitan primer 3 lapis dan sekunder 6 lapis, condensor 4 biji, aki 12 volt 5 amper 1 biji, , masalahnya kenapa outputnya kecil sekali tegangane 15 volt dan kalo di pake buat nyetrum ikannya gak mati cuma lari, tolong penjelasannya.

    ReplyDelete
  20. pengin bikin yg bagus hasilnya,tapi yg jelas boss,,perbandingan kwt emailnya,ukuran dan beratnya ,antara primer skunder,,,1,lagi boss,,inverter 400wat bisa buat strom ikan ga yaaah,,,,trims

    ReplyDelete
  21. trafonya bikin bingung boss
    kenapa primer dan sekundernya digabung??
    mohon penjelasan....

    ReplyDelete
  22. sedikit keluar jalur gan, menggandakan listrik 220 volt menjadi 15 000 volt, caranya gimana gan, tolong skemanya.

    ReplyDelete
  23. @daniel.fungsi digabung karena saat kontak platina terputus kumparan sekunder menghasilkan ggl induksi,sedangkan pada primer juga menghasilkan tegangan induksi sendiri,sehingga kl digabun, tegangan n arus output bs maksimal,,,klo g percaya cb praktekkan ps primer travo220v kita pegang conectornya n dialiri arus dc 12v,saat arus diputus tangan kita merasakan kejutan listrik,seketika kumparan primer menghasilkan tegangan induksi sendiri.

    ReplyDelete
  24. @thonaje. biasanya diturunkan dl jd 12v baru dinaikkan jd 15.000v.rangkaiannya bs dicari d google>inverter menggunakan ic 555,,,untuk trafonya kita ganti menggunakan trafo flybak tv atau coil motor.

    ReplyDelete
  25. Tanya bos....berapa perbandingan lilitan primer dan sekunder serta diameter kawat...dan klu g ada inti besi alias kenel apakah bisa di ganti bahan lain misal besi as atau besi angker... Makasih

    ReplyDelete
  26. fit....mhon bantuan nihh...
    klo untuk kwat yg ukuran 3 mm
    kira2 berapa ukran untuk kwat primernya...
    untuk aki pakainya yang brpa ampere....
    dan berapa kira2 jumlah lilitan yang pas untuk keduanya...

    ReplyDelete
  27. diameter kawat email,seharusnya besar mana antara kumparan primer dengan kumparan skunder,ada yang mengatakan primer pake 0.6mm,sekunder 0.9mm. ada pula primer 1mm,sekunder 0.8mm,saya pernah bikin keluaran outputnya sangat besar,tapi setelah diberi condensator bagian output skundernya tegangan tinggal 150volt,seharusnya untuk output skunder perlu dikasih condenstor gak?

    ReplyDelete
  28. mau tanya lagi bos,kalau jumlah kumparan skunder semakin banyak jumlah kumparan,semakin besar pula tegangan yang keluar. trus bagaimana dengan kumparan primernya?minimal berapa lilitan dan maksimal berapa lilitan untuk jumlah kumparan primernya?jika kawat yang digunakan adalah 1mm,terima kasih.

    ReplyDelete
  29. bgusx primer gunakan kwat email 1mm N skunderx 1,5mm baxakx lpisan primer 132 lilitan N skunderx 1000 lilitan. Dngan mnggunakan kondesor 20 biji. N capasitor 275v/0,25uf, bru rangkaianx sperti gmbar diatas, capasitor pasang di outpx N smbungkan ke platina!

    ReplyDelete
  30. klau strum ikan, yg penting udh bisa xalakan lampu 100watt!

    ReplyDelete
  31. mansyureva@,klau pake 1.5mm dng jumlah lilitan 1000 lilitan,apa gak terlalu besar nanti bentuk fisik dari kumparan tersebut,seentara ini aku pake lilitan primer dan sekundernya 1mm semua. trus banyak capasitor lebih bagus,itu dipasang dimana capasitornya boz,di output skunder atau yng diantara platina?sebab saya pernah coba dibagian output skunder aku kasih capasitor total ukurannya 8uf,arusnya besar,tetapi tegangan menjadi kecil,dan di test dngan lampu 10watt nyalanya menjadi redup,tetapi klau pakek 0.27uf 1buah,nyalanya terang tapi arusnya menjadi berkurang,gmana solusinya?mohon penjelasannya,terima kasih

    ReplyDelete
  32. sbenarx klau strum ikan itu bkan tgangan yg di perlukan tpi arusx yg hrus lbih tinggi,!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setrum ikan itu bkn voltase yang dibesarkan tapi amper

      Delete
  33. klau strum ikan aq tuh bisa namkap ikan gabus bsarx sprti betis orang dewasa, cuma 1 kali strum, ikanx lansun muncul di prmukaan air!

    ReplyDelete
  34. berarti yang diperlukan memang arusnya ya?tegangan minimalnya berapa ya?50v cukup gak ? ini aku mau bikin lagi kawat email 1mm,trus jumlah kumparan berapa?primer dan skundernya?rencana skunder juga mau tak kasih kawat lilitan 1mm

    ReplyDelete
  35. bos gmana membuat setrum ikan yang apabila terendam air tak korslet?trus platinanya apa perlu di bungkus agar tak korslet dngan air?trima kasih

    ReplyDelete
  36. saya pernah bongkar sebuah alat strum ikan tetangga,cuma ada sebuah kumparan yang gak tau jumlahnya. jadi gak ada primer dan sekundernya,kawat nya sekitar 1.2mm. itupun klau dipakai nyetrum ikan,ikanya juga mati,kok bisa ya?padahal pernah saya ukur tegangannya,cuma keluar 25v.tapi ditest pakai bola lampu 10watt,nyalanya juga terang.gimana menurut rekan2 semua?

    ReplyDelete
  37. RHN@ jadi meski tegangan yang keluar itu gak nyampek 50volt,udah bisa dipakai ya?asalkan arusnya besar gitu ya

    ReplyDelete
  38. Untuk mas jian!
    Buat ikan nila mas jian pakek kawat berdiameter berapa dan perbandingan antara lilitan primernya jg. berapa
    Tolong mintak penjelasanya dikit soalnya strum saya gk ngefek kalau buat ikan nila/mujair.
    Trimakasi atas berbagi ilmunya!

    ReplyDelete
  39. wadher@iyya, 50volt udh lumayan!

    ReplyDelete
  40. arman@trus gmana kumparnya bang?kawat berapa mili dan perlu berapa ons bang?perluhkah primer dan skunder dalam membuat kumparan

    ReplyDelete
  41. ada yang pernah nyetrum ikan pake inverter gak?

    aku pernah pake inverter tbe 330w buat nyetrum ikan tapi kok gak bisa.
    waktu awal nyalain inverter, ikan pada kaget & ky mw pingsan, tapi sebelum ikan itu pingsan inverter protec & gak mau ngeluarin arus lagi. harus di offkan dulu baru bisa dinyalakan lagi.

    trus aku coba kasih tahanan di stiknya pakai lampu 300w 220v. saat jaring & stik dicelup ke air lampu nyala terang tapi ikan gak mau pingsan.

    kira" apa ya yang gak bener?

    ReplyDelete
  42. naya plend.. q pake strom ikan,lilitan primer 1mm,3 lapis,skunder 0,8 7lapis,6 condensor d platina,buat nangkep ikan mujaer kok susah ya.. brpa sih hrs nya ukuran kawat utk primer&skunder, brapa lapis primer & skndernya,trus condensor yg bagus pake brpa? thanks sblm nya ea...

    ReplyDelete
  43. @rian... mungkin kurang gede tegangan outpunya.
    itu kira kira berapa lilit yg primer & sekundernya.

    ReplyDelete
  44. @ tri......primer 3 lapis,sekitar 150 gulung,skunder 8 lapis, +-1400 gulung lah,,mungkin punya tips yg bagus utk setroom yg gede utk tangkap ikan mujaer? km pake kawat email primer & skunder nya ukuran brp mm?trus brpa lapis

    ReplyDelete
  45. bagi teman2 yg punya stroom ikan yg dapat nagkep ikan jaer dngan mudah q dkasih tipsnya dunk.. ukuran kwt primer&skunder brp,trus masing2 brpa lapis,soalnya d t4 q banyak jaer tp stroom q ga mampu tuh bwt nangkep....sebelum nya makasih.....

    ReplyDelete
  46. @rian... padahal dah banyak ya lilitan sekundernya. kl dihitung" tegangan output sekitar 112 v.
    itu salah satu ujung primer digabung ma sekunder gak?
    rangkaianya gini gak?
    battery + ke saklar ke ujung primer.
    battery - ke platina ke ujung primer yg digabung dengan sekunder. (platina pararel dg kondensor
    ujung sekunder satu lagi ke stik.

    coba kondensor yg di platina satu aja. trus sisanya pasang di outputnya.

    kl ane salah tolong koreksi ya.

    ReplyDelete
  47. @tri... ya besok tek coba,klw primer nya udh tek sambung dg awal lilitan skunder....eh mas tri, klw blh tau km primer nya pake ukuran brp?

    ReplyDelete
  48. @rian... aku primer pake keknya 1 mm, sekunder lebih kecil lg sekitar 0,8 mm.
    gak tak ukur, waktu itu pake kawat bekas trafo.

    ReplyDelete
  49. owh gt..prnah nyoba utk nangkep mujaer g? mksh info nya ea......

    ReplyDelete
  50. maaf ikutan ya....saya lagi riset (nyoba) udah 3 bulanan sembari lihat-lihat internet tapi kenapa tidak satupun yang udah di koment kan disini berhasil saya praktekkan. akhirnya saya jadi bingung sendiri 1.bagaimana kita tahu ampere yang keluar itu besar alat apa yang dibuat ngukur sementara tang ampere saya hanya bisa membaca load tersambung seperti lampu sementara stik dan seser kan ter pisah 2. saya pernah ukur dari yang terkecil 45 volt ac, 235 vac, sampai diatas 1565 vac tapi tidak ada yang nyetrum jangankan ikan jari saya masukkan ke air di bak aja tidak terasa. apa kurangnya ya mas...apa kira2 karena stabil sementara saya pernah ukur alat yang dijual (setruman) tidak stabil jarum voltmeter saya sembari naik bergetar apa ini yang bener atau saya menggulungnya kurang kencang nariknya harena tangan saya kurang kuat. segini dulu ya saya trimakasih banyak dan akan terus memantau dan ujicoba terus saya sudah punya bahan lumayan kawat ada 2kg dan condensor 14 buah platina 2 buah, mudah-2an tidak sia sia. matur suwun untuk semuanya. joni (arek nganjuk tinggal ning citayem)

    ReplyDelete
  51. @rian... biasanya nangkep wader. dikampungku kebanyakan wader mas.

    @joni... lilitan primer & sekundernya berapa mas? trus diameter kawatnya berapa?
    pasang kondensor yang pararel sama platina berapa?

    ReplyDelete
  52. @tri......Gulungan primernya kawat diameter 0,6 6 lapis, sekundernya 0,9 9lapis kondenser pararel di platina 7 buah dioutput tidak saya pasang.....

    ReplyDelete
  53. @joni... lilitan primer & sekundernya di sambung gak? kl gak disambung disambung aja. trus ambil yang buat stik & jaring ujung kumparan primar & sekunder.
    kl ane nyobanya pake lampu 22o volt 40w. nyalanya rada terang.

    skemanya gini. accu plus-saklar-platina & kondensor lilitan primer A.
    lilitan primer B disambung lilitan sekunder A.
    lilitan primer B yg terhubung ke lilitan sekunder A dapet minus accu.

    atur jarak keren dengan platina. kl terlalu dekat juga gak bagus. coba jauhin trus pelan pelan didekatin sambil lihat lampunya.

    ReplyDelete
  54. @TRI....Makasih mas tri sebelumnya...
    Berarti gulungan saya sudah benar ya..? primer dan skunder sudah saya gabung ,tapi untuk testnya saya nggak pake lampu listrik, tetapi pake multitester diukur sekitar 45volt. bagaimana mungkin bisa menyala kalau pake lampu 40watt220volt. oiya mas tri semua kondensor saya pararel dengan platina apa perlu outputnya saya pasangin juga saya tunggu penjelasannya...matur suwun..

    ReplyDelete
  55. @joni. kl punyaku sih lilitan sekundernya lebih kecil diameter kawatnya. tapi gak tau ngaruh besar apa gak.
    45 volt nyala kok buat nyalain lampu 220 volt 40w. coba aja. walaupun gak terlalu terang.
    aku pernah lihat yang kondensor sampe dipararel 20 di platina. pernah lihat juga yang kondensor cuma 1 di platina, trus di sekunder banyak.

    coba" aja mas. masalahnya gak ada rumus pasti sih.
    nyobanya kl mau sih pake air yang ada ikanya.

    ReplyDelete
  56. @tri....Makasih ya masukannya,..saya lagi istirahat dulu soalnya pusing sendiri kalau nggak ada yang mbantu mikirnya. aku udah nyoba pake ikan tapi airnya tidak mengalir...saya nyatakan oke soalnya ikan teler. tapi...giliran saya tempur jauh keluar kota airnya deras keluaran dari setu pamulang eh..ternyata cuma udang sawah yang kena. tapi saya akan terus memantau blog ini siapa tahu saya semangat lagi....mksh

    ReplyDelete
  57. @JONI... setu pamulang to mas? di tangerang bukan?

    ReplyDelete
  58. @Tri....Yo mas, samping pamulang square atau hypermart giant....lobsternya banyak,..mujahernya apalagi buanyyyak dan satu lagi masyarakatnya daerah situ nggak suka ikan dan saya nyetrum saja malah ditonton dan ditunjukkan tempat2 ikan. ini kesempatan mas...jadi bagaimana setruman saya apa mulai dari awal lagi

    ReplyDelete
  59. ada fb gak mas? kita ngobrol di fb aja biar bisa share foto setrum ikan sekalian

    ReplyDelete
  60. kang jian saya bisa pesan alatnya tdk?krn dr sekian bnyk yg saya coba tidak ada yg ces pleng ke ikan nila,kalo bisa sy minta no tlpnya

    ReplyDelete
  61. kang jian sy dah belajar ke tukang buat alat strum ikan tp blm ada yg mampu buat ikan nila teler,mhn bantuanya

    ReplyDelete
  62. zaman sekarang mah pakai strum yng elektrik ja akang lebih praktis n gak ribet harus bersihin platina kikikik

    ReplyDelete
  63. Wah email 2 kg 14 buah kondensor 2 platina buat nyetrum di laut ja bisa, platinanya kurang kencang, jarak platina dengan induksi magnet kalau bisa seminim mungkin atau 1 mm cukup. agar stum bisa stabil. aku ja bikin pake email 0,5kg 4 kondensor cukup buat nyetrum ikan dan belut keluaran strum 500volt 100watt, email diameter 1mm 1ons dan, 0,8mm 4 ons. besi sebaiknya pakai plat bekas trafo induksi magnetnya lebih bagus dari pada besi biasa, lebih bagus lagi pakai batang verit. semoga membantu akang2

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. @muhrozin... 500 volt? tinggi banget mas teganganya? kl buat nyetrum gabus bisa tu ya mas?

    setrumku paling tinggi cuma bisa 250 volt. itupun jarak keren ma platina deket banget. kl dijauhin teganganya turun.

    kl aku perhatiin jarak keren ke platina ngaruh ke amper & tegangan.
    kl jaraknya deket tegangan output tinggi tapi ampere kecil, kalau jaraknya dijauhkan tegangan output turun tapi ampere naik.

    aku perhatiin juga di arus input. kl jarak keren & platina deket arusnya kecil. dan sebaliknya.

    aku coba pake lampu kalau keren deket banget walaupun kl dites pake voltmeter tegangan tinggi tp lampu redup, kl dijauhkan walaupun tegangan turun tp lampu nyala terang

    http://www.facebook.com/photo.php?pid=692656&l=760afc72cc&id=1709341455

    ReplyDelete
  66. akang muhrozin,maksudnya setrum elektrik gimana?sy bisa pesan alatnya tidak?dwi di lampung

    ReplyDelete
  67. @unknown... mungkin yg dimaksud setrum electric pake inverter dc 12 volt to ac 220 volt

    ReplyDelete
  68. @kang tri,sy pernah cb pk 12vdc to 220v ac,tp arusnya kecil kurang ngefek kalo msk air,ikan msh kbur@kang tri,sy pernah cb pk 12vdc to 220v ac,tp arusnya kecil kurang ngefek kalo msk air,ikan msh kbur

    ReplyDelete
  69. @unknown (manggilnya siapa ya). dulu aku pernah pake inverter tbe 330 w. tapi gak bisa. protec terus kl stik & jaring masuk ke air. ky konslet gitu diair.
    mungkin krn aku pake jaring yang rangkanya alumunium & rangkanya itu aku kasih setrum semua.

    trus sekarang bikin pake lilitan lg. biayanya lebih murah sih mas. fotonya ada difb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tti tolong jelasin dikit boleh..sekunder yg mana primer yg mana.saya bingung ni.gak tau yg mna skunder dam yg mna primer...trimakasih

      Delete
  70. @kang tri. .dwi mas.smsan aj biar enak

    ReplyDelete
  71. @mas tri. .skrg sy pake primer 0,9 2 ons,sekunder0,7 3ons.platina kijang,kondensor mtr cb 8biji,aki mtr mercy 10 amper,lo ikan gabus KO si,tp kalo nila,lele dumbo,sidat(pelus jawa)mash ngacirr0,7 3ons.platina kijang,kondensor mtr cb 8biji,aki mtr mercy 10 amper,lo ikan gabus KO si,tp kalo nila,lele dumbo,sidat(pelus jawa)mash ngacir

    ReplyDelete
  72. Milik siapa ya jago nahklukin ikan nila sama belut dalam lumpur?
    Bagi dong ilmunya!

    ReplyDelete
  73. @wonkdibe. .sy jg mau ilmu nya kalo ada yg bener2 jos buat ikan jenis tsb,tp menurut sy utk ikan tsb tinggal gimana teknik kt ketika nyetrum supaya buruan terpojok, .krn ikan tsb sangat sensitif dan lincah. .o ada yg bener2 jos buat ikan jenis tsb,tp menurut sy utk ikan tsb tinggal gimana teknik kt ketika nyetrum supaya buruan terpojok, .krn ikan tsb sangat sensitif dan lincah. .

    ReplyDelete
  74. @mas dwi... add fbku mas. sharing ilmu pernyetruman di fb aja. biar bisa sambil lihatin fotonya.

    @yang lain juga kalau mau gabung add fbku ya.

    http://www.facebook.com/profile.php?id=1709341455

    ReplyDelete
  75. kalau yg jago nggiring belut dalam pematang tambak milik cp ya? Sebaiknya pakek diameter berapa ya? Kalau disini rata2 pakek 1,5mm 7ons ada yg primer 5 tingkat skunder 3tingkat ad jg yg primer 6tingkat skunder 2tingkat, ad jg yg primer 4tingkat dan skunder 3tingkat. Adalagi yg cuma pakek primer aj 4tingkat. Adakah yg lebih hebat lg menurut temen2!

    ReplyDelete
  76. Strom ikan yg simpel,pake aja dinamo sepeda 12v.ikan langsung terkapar.Strom ikan yg simpel,pake aja dinamo sepeda 12v.ikan langsung terkapar.

    ReplyDelete
  77. Pake dinamo sepeda 12v sangat ngefek kang.Asal bisa cara mutarnya tu dinamo?
    Ga ribet pake koil,platina,kondensor apa lagi aki.Simpel kan?
    Coba pake mesin potong rumput aja!untuk mutar dinamonya!

    ReplyDelete
  78. @aza! Maksudnya dinamo speda yg gmn ya?@aza! Maksudnya dinamo speda yg gmn ya?

    ReplyDelete
  79. weuh kok pda ribut mslh strum ikan ea? setau sya slama kurang lebih 15 thn pke strum ikan berbagai tpe kayaknya belm ada yg mampu menaklukan ikan nila tuh.jdi klw ada strm ikan yg dpt menaklukan nila terus terang aku acungi 2jempol...u sya slama kurang lebih 15 thn pke strum ikan berbagai tpe kayaknya belm ada yg mampu menaklukan ikan nila tuh.jdi klw ada strm ikan yg dpt menaklukan nila terus terang aku acungi 2jempol...

    ReplyDelete
  80. Q dah nyoba nih.. untuk nagkep ikan nila gak t'kapar tp setidak nya bisa melemahkan gerakanya, sehingga kita punya kesempatan untuk menagkapnya dngan mudah. gulungan primer 1.2mm,3-lapis(krng lebih 2.5ons)gulungan primer 1mm,7-lapis{+- 4.5-ons}besi kerent pake bekas trafo 10ampere ERA.PLATINA PAKE PLATINA SENSO{MESIN GERGAJI} condensor 6buah,dipasang diantara kedua kaki platina.. utk yg berminat boleh mencoba...SELAMAT BER EXPERIMEN!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  81. koresi,yg ke dua{1mm,7 lapis}gulungan skunder,bukan primer 5af salah ketik.

    ReplyDelete
  82. Inalillahi wainailahirojiun...Lantaran strum ikan yang pke 15condensor lilitan kawat gk pake rumus di atas teman kita banyak yg meninggal dunia..Jgnkan ikan nila atau mujaer sedangkan orangnya aja tewas.
    Sekedar info untuk ngetest cari aja ikan sunduk uceng klo ikan tersebut ditettttt /dstrum lgsung tewas berarti ikan yang lain malah mampus kecuali ikan yang berdarah putih.Maksudnya udang dan kepiting

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. mungkin sdh dtakdirkan dsitu,klo dbilang kurang hati2 Juga bisa, tp konon katanya tempat yang dstrum itu sungil alias angker.
    Amieen muda2han teman kita tenang di alam sana

    ReplyDelete
  85. buat mas @jwa lubai
    maaf y mas klo sampean dkampung aku ngomong bgitu dketawain anak anak kecil/yang sudah tau nyetrum ikan,mumpung dkampungku lagi musim nila atau mujaer kalau ada waktu mohon ngeliat biar tau persis..Sampean pasti geleng2 kepala

    ReplyDelete
  86. klau ada yang tau boleh bagi dong ilmunya....menurut anda keren/inti besi yang paling bagus untuk ukuran kawat 1mm berapa ya panjang lebar dan tebalnya?

    ReplyDelete
  87. @wadher... pake keren bekas trafo yang 10 ampere aja dah bagus kok mas. ditumpuk" sampe sekitar 2cm.

    lebaran pulang kampung mau tes alat setrum buat nyetrum mujahir di empang. moga aja bisa.

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. klau saya sih pakek diameter kawat 1,1mm primer 0,9 sekunder,kondensator 8 tak pasang paralel 4 4 trus tak seri.di output tak kasih 2 kondensator,hasilnya lumayan,tapi untuk output tak pisahkan tersendiri,hasilnya meskipun output korslet,platina trus getar

    ReplyDelete
  90. Untuk agan-agan sekalian saya sedang berexperimen membuat alat kejut ikan dan inventer yang dilengkapi dengan carger otomatis tanpa Listrik PLN. dan dalam uji coba bisa dikatakan berhasil 85 persen (dalam bentuk mini alat ini sangup bekerja bekerja nonstop selama 37 hari dengan beban HP SONY ERICSSON K750i (pemutar musik) dan speaker komputer usb dengan suara sedang.

    Tapi karena terkendala dana untuk beli bahan-bahan material praktikum maka riset saya hentikan, adapun material yang saya butuhkan adalah magnit permanen batang (20x10x40mm) atau yang mendekati serta kawat email 1.0, 1.5, 2.0 dan 3.0mm, trafo 3, 5, 10 dan 15 Ampere (trafo terbakar tidak apa) bila ada diantara agan-agan yang punya material tersebut dan tidak terpakai bisa hubungi saya di s.hudi@yahoo.com atau 082148112797

    Metode ini bisa dipakai lebih luas tidak hanya untuk pengejut ikan (strom ikan). membuat alat kejut ikan dan inventer yang dilengkapi dengan carger otomatis tanpa Listrik PLN. dan dalam uji coba bisa dikatakan berhasil 85 persen (dalam bentuk mini alat ini sangup bekerja bekerja nonstop selama 37 hari dengan beban HP SONY ERICSSON K750i (pemutar musik) dan speaker komputer usb dengan suara sedang.

    Tapi karena terkendala dana untuk beli bahan-bahan material praktikum maka riset saya hentikan, adapun material yang saya butuhkan adalah magnit permanen batang (20x10x40mm) atau yang mendekati serta kawat email 1.0, 1.5, 2.0 dan 3.0mm, trafo 3, 5, 10 dan 15 Ampere (trafo terbakar tidak apa) bila ada diantara agan-agan yang punya material tersebut dan tidak terpakai bisa hubungi saya di s.hudi@yahoo.com atau 082148112797

    Metode ini bisa dipakai lebih luas tidak hanya untuk pengejut ikan (strom ikan).

    ReplyDelete
  91. mas...ikut nimbrung...,tolong dong kirimi foto2 alat setrumnya,aku mau merakit nih....di brunei banyak ikannya mas....

    ReplyDelete
  92. kayaknya yang berpengalaman dengan hal ini mas tri....tolong ya mas ?kirimi foto2 alat setrumnya?

    ReplyDelete
  93. @lasian... alat setrum saya kurang maknyus kl buat nyetrum nila mas. pencet saklarnya lama baru nilanya terkapar. kl sebentar trus lepas lagi saklarnya nilanya sehat lagi. kl buat ikan bawal, tombro, tawes dll sih lumayan.

    yang bagus setrum punya mas jian tu.

    ReplyDelete
  94. aku baru merakit alat strum ikan,email 1,2mm buat primer dan skunder.primer 2sap jumlah gulungan per sap 90 liilt.skunder 7 sap.kondensor buat platina 4uf bekas pompa air 2 buah.output 270uf/kondensopr motor.ikan dengan kedalaman air lebih dari 2meter langsung terkapar.untuk tegangan keluar tak cek skitar 60volt.hati2 ,sebab arusnya besar sekali....

    ReplyDelete
  95. kalau desain pake platina cukup menyedot arus banyak, karena rugi2 di platina sama trafonya. Terima kasih sudah sharing
    http://cdilite.blogspot.com

    ReplyDelete
  96. mas cara melilit kawat primer sekunder'e gmne mas, sya mau buat pengejut ikan .

    tlong mas . telp:08568513305

    ReplyDelete
  97. ikutan ahh, kalau saya udah terbiasa pakai alat setrum ikan yang lilitanya hanya primer aja gk pake sekunder, ukuran 1,9 dengan kondesor 6 biji, dengan 1 buah aki 10A, udah cukup untuk menjinak kan ikan walaupun kedalam air 2 meter, biasanya kl di air yang dalan sya memakai ban bekas mobil untuk menaruh setrum ikan biar gk kerendam air, kl buat menjinakkan ikan munjair dan nila biasanya lebih mudah dengan menggunakan 2 aki 10A. kalau di air tawar alat setrum seperti yang saya pakai udah bisa menjinak kan semua ikan. kl ada teman2 yg tau alat strum di air asin ad yg bs gak. ahmadzikha@gmail.com

    ReplyDelete
  98. tp kalau jarak platinanya kejauhan strumnya kasar kalau di air dalam tdk mampu boss. bukan pakai inverter. tp kita bikin sendiri lilitannya menggunakan email 0,8mm dan 1mm.kalau di air asin susah kang karena air asin lebih cepat menghantarkan listrik di banding air tawar

    ReplyDelete
  99. @wongdb; aki 5ah,tapi cepet abis,biasanya pake aki 2buah paralel,biar awet

    ReplyDelete
  100. support@ memang klau strum ikan yang di butuhkan arusnya,bukanya tegangan yang besar,jika tegangan nya tinggi katakanlah 150volt,tapi klau arusnya kecil percuma saja.dan dan akipun cepet abis.tegangan 25volt saja asalkan arusnya besar radius 1m2 ikan udah ko.

    ReplyDelete
  101. wadher@mas untuk membuat kumparan dg kawat email ukuran 1,2mm primer 2 sap dan skunder 7 sap brpa ons/kilo.pnjang kren brp cm, trmksh

    ReplyDelete
  102. Uda mulai banjir nih.
    Stumku buat kedalaman 1,5meter kok gk bisa nyebar ya!
    Mohon bantuanya gan!!!
    Pakek kawat 1,7mm 7ons primer 4sap dan skunder 2sap!
    Mohon di koreksi gan!

    ReplyDelete
  103. ukuran 1.5mm udah cukup bossss,,,primer 2sap skunder 3sap,yang terpenting pengaturan kerapatan platina dan jarak platina dgn kern,klau pengaturan maksimal udah bisa menyalakan lampu 100watt 220volt 2buah lampu sekaligus.output antara25-40volt

    ReplyDelete
  104. narendra @ untuk sekunder yang aku praktekkan,kebanyakan sekunder malah boros pada aki,karena yang korslet pada air menjadi besar,pernah aku pakek inverter output 220volt,belum satu jam mencari ikan akinya dah abis,terus terakhir aku pakai primer 2sap,skunder 3sap,tegangan 25-40volt,aki menjadi awet,arus bsar,kedalaman 1.5m,ikan dah ko

    ReplyDelete
  105. Wadher@mas. . .Trimaksh sarannya.Oya untuk kondensor biasanya pakek brp biji. . .

    ReplyDelete
  106. bro wadher? untuk membuat kumparan primr 2 sap skundr 3sap, kwat 1,5mm perlu brapa ons?

    ReplyDelete
  107. narendra@ 10bj,8 biji diparalel trus diparalel pada platina,trus yang 2 dipasang pada output trus disambungkan dgn kawat gabungan primer skunder, nggunik@ 6ons udah cukup,2ons primer yang 4ons skunder,pokoknya jika kita mulai menggulung dari kiri output skunder harus di kanan,smoga bermanfaat!!!!

    ReplyDelete
  108. aku dah pernah bikin,hasilnya mak Nyosss....ular diameter 3cm,langsung ko,rangkaian seperti gbrnya pakDe Jian.....Lprimer Dm 0.7mm Lsekunder 1mm,bohlam listrik nyala

    ReplyDelete
  109. aku dah pernah bikin,hasilnya mak Nyosss....ular diameter 3cm,langsung ko,rangkaian seperti gbrnya pakDe Jian.....Lprimer Dm 0.7mm Lsekunder 1mm,bohlam listrik nyala

    ReplyDelete
  110. pusing pusing . . . .
    Liat komen kalian smua!

    ReplyDelete
  111. menggulung trafonya dri mn ke mana bos?
    trs mnggulung nya yg mn dluan primer atau sekunder?

    ReplyDelete
  112. masukan..... primer pakai kawat 0,8mm sebanyak 3 tumpuk.... skunder pakai kawat 1.2mm sebanyak 8 tumpuk. capasitor pakai 4uf 450 volt. capasitor punya kipas angin. hasilnya... output ac mencapai 100volt. pemakaian acu sangat irit. asupan amper acu hanya 2-3 amp.

    ReplyDelete
  113. @tri fb km kok gak bisa aku buka sih? trus buat yg lain ada yg punya fb gak nih? add aku biar saling berbagilah. andrey.trs@gmail.com

    ReplyDelete
  114. info untuk menaklukan ikan nila dengan strum ikan frekuensi harus dikisaran 30 Hz untuk udang diatas 55 Hz. saya memproduksi strum ikan tanpa platina dengan sistem frekuensi bisa di ajust, bagi yg minat silahkan kontak 081347087307

    ReplyDelete
  115. ikut nimbrung..
    mas kemarin aq buat gnian pke kern P10cm L1,8cm T 2,6 cm total kern yg dililit 9cm..
    Primer skunder aq pake kawat 1mm semua.
    Primer 2 baris, per baris 80 lilitan.
    Sekunder 6 baris.
    Pke aki 12v 5a (nggak baru. Pnya motor tak copot aja..)
    Platina pke pnya motor.
    Kondensor 4 biji..
    Tp kok kurang memuaskan y ?
    Pa da yg salah ?
    Tak tes keluaran 110v..
    Dipake buat lampu jari 220v 20w terang tp buat 60w redup.
    Input output berapa ampere gak tau soalnya gak ada ampermeter.
    Mohon bantuanya. Terima kasih

    ReplyDelete
  116. cuma berbagi tp resiko tinggi warning!!!!!!profesional only
    Kalo dulu ane nyetrumm ikan disungai walaupun dalam 4 meter ikan pun pasti mati saya biasanya pakai kabel engkel 3mm 2 roll ujung stik pakai besi 8mm biasa buat bangunan 1meter,tak kasih pegangan bambu kering 2meter,,,,,cara nya ujung kabel roll di sambung ke pall listrik yg 220volt saya ambil yg pahse (+) jadi cuma jalan 1 kabel (-) ikut ground tanah jadi cuma 1 kabel dijamin ikan lgsung bertekuk lutut ..... Tp sekarang saya sudah sadar karna merugikan pemerintah khususnya PLN warning jgan coba2 anda tau bener maaf cuma berbagi resiko ditanggung sendiri ,,,,,,,, nyawa taruhanya,,,,,,,,,
    Nb biasanya (+) ada di lampu mercury atau lampu jalan

    ReplyDelete
  117. berapa berat inti coil dalaim rangkaian alat pengejut ikan?

    ReplyDelete
  118. dulu tahun 1996 saya merakit setrum ikan seperti rangkaian diatas, masalahnya output tidak stabil dan platina selalu kotor ada keraknya yang harus di amplas, dan tahun 2010 kemarin saya coba merakit setrum ikan lagi dengan menggabung rangkaian inverter + pengganda tegangan, dan hasil outputnya sekitar 1000Volt (menggunakan aki motor 12V 10Ah yang kondisinya 60%), saya coba hubungkan dengan bolamp 220v 100Watt, dan ternyata bolampnya selalu putus. Sayangnya saya tidak sempat menggunakan untuk nyetrum ikan karena ada larangan menggunakan setrum ikan dari kepolisian. (amirs1978@gmail.com)

    ReplyDelete
  119. @all
    hati2 dengan yang namanya arus listrik karena nyawa taruhannya. Pastikan kalau bereksperimen selalu cek keluaran arusnya, jangan over/cek juga kemampuan tubuh anda dengan arus tersebut, jangan nila ko anda juga....

    ReplyDelete
  120. rangkaian di atas letak saklarnya tidak tepat karena sebelum saklar dipencet sudah ada arus mengalir melalui U1 dan U2 akibatnya ikan lari, seharusnya saklar dijalur kutub positif aki.

    ReplyDelete
  121. q mau tanya dari trafo nya kawat 4 sama 3 bagus mana.

    ReplyDelete
  122. trims.. karna informasi ini saya bisa dapat tambahan ilmu untuk menghabisi ikan dibelakang rumah saya

    ReplyDelete
  123. gan bisa ngga buat nyetrum ikan duyung

    ReplyDelete
  124. Gitu aja kok repot.. hehehe...
    sms qu di:+62815-1551-3683
    di jamin gratis 100% & halal.

    ReplyDelete
  125. gampang kok mas klu bikin stroom ikan,,g usah aneh2...cukup perbandingan primer skunder aja..kawat primer lebih kecil perbandinganya dengan skunder trs outputnya kasih aja capasitor bekas raket nyamuk di sambung ke ground..dan klu udah mampu menyalakan bolam lampu 60watt 220v..berarti stroom ikan anda berhasil...yang penting hati2 soalnya alat ini memiliki tegangan yang tinggi..s

    ReplyDelete
  126. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  127. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  128. gan mu numpang tanya ni,,,,,klo buat strum ikan di laut bisa ga ?ukuran kawatnya brapa ja banyaknya sgi mana,,alnya struman punya aq klo di aer tawar hasilnya memuaskan tp klo di laut malah kloar busa doang di aer ke ikannya ga ngefek,,,tolong bantuannya

    ReplyDelete
  129. rencana aku mau beli strom ikan, ada yg mau jual gx,....
    klo ad sms ke 082388475594, d tggu...........

    by pekan baru

    ReplyDelete
  130. askum salam kenal buat para master setrum ikan

    mas aku mau coba bikin setrum pake
    kawat ukuram 1,5mm dan 0,9mm
    yang saya mau tanyakan buat primer dan sekunder yang mana masing2 berapa lapis buat primer dan sekunder

    1,5mm ada 6 ons
    0,9 berapa ons

    mohon batuanya untuk para master

    ReplyDelete
  131. Aqu pakai gensit buat ytrom tanggul pada mati ikanya, klu ngak mau repot pakai inverter 1200 watt pakai aki sepida motor cukup, pada sengkonyong kodel ikanya hahahaha

    ReplyDelete
  132. Siapa ada jual alat ini..aku mahu beli..kol aku +60136287499

    ReplyDelete
  133. @gan,,,, kalau menggulung kabel itu di mulai kabel besar dulu apa yg kecil dulu,maaf lg mulai belajar merakit sendiri

    ReplyDelete
  134. yg paling efisien pake inverter tegangan out 900v frequensinya 110hz... alat itu udah dipraktekan di air dalam. masih bs diandalkan smpe sekarang...

    ReplyDelete
  135. mas saya mau coba bikin sentrum gulungan primer dan sekunder pakai kawat email ukuran 1 mm apa bisa?.....................

    ReplyDelete
  136. Maaf gan diluar topik..

    Gan mau tanya, apakah sudah ada/dibuat pabrik alat pemutus otomatis ketika tegangan listrik di rumah tiba-tiba naik/berlebih kalo ada apa nama alatnya dan di mana bisa pesan.

    Mohon info ke asepsp@gmail.com Terima kasih,

    ReplyDelete
  137. tanya gan,kalau bikin sentrum ikan type gulungan yang mana yang bagus.apakah type gulungan primer atau type gulungan sekunder untuk air dalam kira2 dalamnya 5 meter.

    ReplyDelete
  138. gan,saya belajar bikin sentrum ikan,sudah saya gulung sampai 5 lapis.saya pakai platina ceinso (gergaji mesin) condesor 5 buah sudah saya rangkai tapi,setelah saya tes kok tidak berpungsi di mana letak kesalahannya ya?....mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  139. punyaku aku buat primer,besi keren -+40 biji P12cm L2cm,kawat email 1,5mm 1kg.4sap jumlah gulungan per sap 90 liilt.platina mobil L300,kondensor buat platina kondensor motor Honda CB 25 buah. hasilnya aki irit dan setrum besar.ni terbukti udah 4 tahun aku pake buat cari ikan di sungai sungai dekat pantai selatan TULUNGAGUNG.
    ikan lele ,ikan nila/mujair belut/Gateng dan yang besar Kura kura/bulus,langsung lemas meski kedalaman air sepinggang orang dewasa.

    TERBUKTI DARI HASILNYA KALAU ANDA PENGEN ALATNYA DAN PENGEN KURA KURA/BULUS HUBUNGI email: bayupoetranembaknar@yahoo.co.id
    TULUNGAGUNG SELATAN
    SALAM PECINTA SETRUM IKAN

    ReplyDelete
  140. om klu pakai inverter mobil 300w bisa ngak ... awet ngak ??? hehehe maklum saya awam om

    ReplyDelete
  141. bee
    butuh arus dan volt tinggi ko' sulit2
    cari aja bekas plyback TV, rangkai dg 1 transistor 2n3005 dan resistor 1 K. haha
    hati - hati arus yg keluar 20.000 volt. bisa KO dengan orangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  142. untuk yg amatir jangan coba sendiri harus di dampingi ahli ketika mencoba karna tegangan tinggi memang secara logika ga mungkin accu 12 v 10ha bisa membunuh tapi itulah kenyataannya sdh yg mati karna alat ini,, gan saya mau nanya kalau membuat strum ikan air asin menggunakan dinamo 3000 wat kombinasi mesin diesel kira kira alatnya apa ya soalnya di air asin setrum ga berpungsi baik lama lama di namo panas berasap alias terbakar kira kira apa alat tambahannya biar bisa di pakai di air asin?

    ReplyDelete
  143. artikel nie keren ,, nyimak aja gan

    ReplyDelete
  144. matur nuwon mas sdh berbagi ilmunya. tp ntar byk yg coba takutnya ikan di air tawar jd punah, khususnya ikan gabus. he..he...he...

    ReplyDelete
  145. Sya sering d mintai tlong oleh ttngga untk mmbwtkn setrum,dan menurut pengalaman sya untuk arus trgntung pda bnyaknya kumparan sekundernya. . ,untuk kmparan sekunder d lipat gantdakan brkali lipat maka arus akan mnjdi lbih besar dan untuk kumparan primer itu relatif,apabila kumparan primer terlalu banyak maka akan mengurangi induksi pada kern itu sndri,jdi untuk kern ukuran pnjng 12 cm primernya cukup dengan 3-4 lapis saja.dan untuk sekundernya bisa d gandakan sesuai selera,lebih bnyak akan lebih besar dan kuat arusnya!!!!
    trkhir sya merakit,sekunder sya gulung sbnyak 10 lapisan,condensor hanya 8 buah platina untuk mobil hasilnya ikan lele gk ampe lari alias lngsung pngsan d tempat!!!
    Untk primer gunakan ukrn 0,5-0,6 mm saja dan untk skunder 0,8-1 mm.
    selamat mencoba. . . . .!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mass klo kondensornya di banyakin gmnaa . Apa ada arus yang terbuang sia2 . ??

      Delete
  146. Ada yg bsa buat dgan rangkaian elektro ga bos?
    tlng kasih tau caranya...

    ReplyDelete
  147. aki 12 volt 10 amper jg uda bagus...lilitan primer 2 ons, skunder 3 ons, platina 4 aja asal masih baru jg cukup

    ReplyDelete
  148. Kalau lilitannya diganti pake travo ct bisa ga? Makasih

    ReplyDelete
  149. Kalau lilitannya diganti pake travo ct bisa ga? Makasih

    ReplyDelete
  150. Kalau lilitannya diganti pake travo ct bisa ga? Makasih

    ReplyDelete
  151. Kang saya punya email1,5mm dan 1mm keren panjang 11cm lebih dikit klw buat lilitan primer berapa sap dan jumlah lilitannya

    ReplyDelete
  152. Kang saya punya email1,5mm dan 1mm keren panjang 11cm lebih dikit klw buat lilitan primer berapa sap dan jumlah lilitannya

    ReplyDelete
  153. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  154. Kang saya punya email1,5mm dan 1mm keren panjang 11cm lebih dikit klw buat lilitan primer berapa sap dan jumlah lilitannya

    ReplyDelete
  155. knp y nyetrum dgn listrik langsung ikan g mati. sy da coba positif langsung sy masukan kkolam sy n negatifny jg.tp stut dmeteran tdk balik. padahal da 220v. atau karena ampernya cuma 4 amper. ada gak alat bantu lain. mohon berbagi ilmu

    ReplyDelete
  156. Waktu aq mencoba trafo,batre&lampu mini,aq rakit secara seri,pingin'y sih lampu'y bisa lebi terang,eh,ternyata lebih redup,tapi aneh'y pas aq. Lepas rangka'y malah Aq kesetrom seperti sengatan listrik rumah.padahal batre'y coma 3,7V.ada yg bisa jelas'kn ga ya,,,??

    ReplyDelete
  157. Maksih bro atas tuntunanxa.....alat pengejut sy dapat membuat ikan nila ,mujair tidk berkutik.....

    ReplyDelete
  158. Maksih bro atas tuntunanxa.....alat pengejut sy dapat membuat ikan nila ,mujair tidk berkutik.....

    ReplyDelete
  159. Maksih bro atas tuntunanxa.....alat pengejut sy dapat membuat ikan nila ,mujair tidk berkutik.....

    ReplyDelete
  160. Maksih bro atas tuntunanxa.....alat pengejut sy dapat membuat ikan nila ,mujair tidk berkutik.....

    ReplyDelete
  161. Setrum ikan nila gmpng bnget

    Kwt 0.7 2 ons kwat 0.9 3ons keren ukuran korek gas
    Primer 3x lilitan sekunder 5x lilitan
    Kondeser cukup 5smpai 7 buah

    Lilitan a perimer dan lilitan A sekunder di gabung ke aki +
    Lilitan b primer ke kbel condeser paralel ke platina lilitan b sekunder ke jaring
    Saklar - aki massa condeser paralel massa platina silakakn di coba.

    ReplyDelete
  162. Agus riadi stik kanan dari aki plus stik jaring dari ujung lilitan skunder

    ReplyDelete
  163. Kang bsa gk ngerakit strum ikan menggunakan kindensator keramik dan mika dan relay gk usah pke coil,spul,dan platina.mksh

    ReplyDelete
  164. Saya punya mesin rumput yang tidak terpakai...
    Pertanyaannya bisa tidak ya di rakit jadi stron ikan🙏

    ReplyDelete
  165. yg di maksut rendem
    pada setrum ikan apa
    ya dan cara bikin ny gimana
    infony bos qu

    ReplyDelete